Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Simpan Tauco agar Awet dan Terjaga Kualitasnya

KOMPAS.com - Tauco adalah salah satu produk fermentasi khas Indonesia. Bahan pangan ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi dengan mikroba dan garam. 

Sebagai bahan fermentasi, tauco sebetulnya dapat disimpan lama. Namun untuk mempertahankan rasa dan kualitasnya, kamu harus menyimpan tauco dengan benar.

Mengutip dari "SajianKu VOL. 5/I/2013 Serba-Serbi Sayuran Berwarna Merah dan Ungu" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada, berikut cara menyimpan tauco agar awet. 

  • Apa Itu Tauco, Fermentasi Kedelai untuk Penyedap Masakan?
  • 3 Beda Doenjang dan Miso, Pasta Kedelai Fermentasi dari Korea-Jepang
  • Resep Tumis Kangkung Tauco, Masak Sayur ala Restoran

1. Pilih tauco yang bagus

Apabila ingin disimpan untuk stok, sebaiknya memilih tauco yang butiran kedelainya tidak terlalu hancur atau terlalu utuh. 

Tauco dengan ciri tersebut umumnya terfermentasi dengan baik, sehingga dapat disimpan lama. 

Dalam buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama juga dijelaskan bahwa kandungan garam dalam tauco cukup tinggi, sekitar 15 persen.

Oleh karenanya, bahan pangan ini dapat disimpan lama, bahkan hingga bertahun-tahun. 

2. Hindari dari air 

Cara menyimpan tauco agar awet sebetulnya sederhana saja. Kuncinya yakni memastikan bahwa tauco tidak terkena air atau terkontaminasi dengan bahan pangan lainnya. 

Guna menjaga kualitas rasa dan aromanya, tauco dapat disimpan di dalam kulkas. Kamu bisa meletakkan di rak kulkas atau pintunya. 

Namun pastikan wadah tauco selalu ditutup rapat agar kualitasnya tidak menurun. Saat mengambil, pastikan pula memakai sendok bersih supaya tauco tahan lama.

Buku "SajianKu VOL. 5/I/2013 Serba-Serbi Sayuran Berwarna Merah dan Ungu" oleh Team Dapur Lezat terbitan PT Mediantara Infopersada dapat dibeli online di Gramedia.com

Buku "Bumbu, Penyedap, dan Penyerta Masakan Indonesia" oleh Murdijati Gardjito terbitan PT Gramedia Pustaka Utama dapat dibeli online di Gramedia.com

https://www.kompas.com/food/read/2021/10/17/120300575/3-cara-simpan-tauco-agar-awet-dan-terjaga-kualitasnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke