Kompas.com - 10/08/2021, 10:07 WIB
Ilustrasi apem panggang. Dok. Sajian SedapIlustrasi apem panggang.

KOMPAS.com - Apem merupakan kue tradisional dari tepung beras yang biasanya disajikan saat acara kebudayaan, seperti tahun baru Islam.

Terdapat tiga jenis kue apem yakni kue apem kukus, panggang, dan selong. Tentu saja, ketiganya memiliki cara memasak yang berbeda-beda.

Baca juga: Bedanya Kue Apem Kukus, Panggang, dan Selong

Pada resep kue apem ini, adonan dipanggang di atas kompor menggunakan cetakan. Kamu bisa menggunakan cetakan kue lumpur atau serabi untuk memanggang adonan kue apem.

Spesialnya, resep apem panggang ini menggunakan pisang ambon sebagai bahan utamanya. Pisang diremas hingga halus dan dicampurkan dengan bahan lainnya, seperti tepung beras dan tapai beras.

Baca juga: Resep Apem Tape Jawa, Hasilnya Empuk dan Lembut

Selengkapnya, kamu bisa coba membuatnya dengan mengikuti resep kue apem pisang dari buku “Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS” (2013) oleh Julie Sutarjana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Resep kue apem pisang

Bahan:

  • 4 pisang ambon tua
  • 400 gram tepung beras
  • 1 sdm tapai beras
  • Air kelapa secukupnya
  • Santan kental dari 1 butir kelapa
  • Gula secukupnya
  • Garam sedikit

Baca juga: Resep Apem Dumbo Kukus, Kue Tradisional dari Tepung Beras dan Santan

Cara membuat kue apem pisang

1. Haluskan pisang ambon dengan menggunakan garpu sampai halus. Campurkan dengan tpeung terigu dan tapai beras. Uleni adonan dan tuang dengan air kelapa.

Tuang sampai adonan lemas. Diamkan adonan sampai melar. Kira-kira selama 12 jam. Kalau adonan sudah naik, beri gula semanisnya dan santan kental.

Ambil wajan, olesi dengan minyak kelapa. Atur api kompor kecil dan tuang adonan sekitar satu sendok sayur. Tutup panci sampai adonan matang. Angkat dan sajikan.

Buku “Pusaka Kuliner Nyonya Rumah 1200 RESEP MASAKAN DAN KUE LEGENDARIS” (2013) oleh Julie Sutarjana terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.