Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Tart Susu Eggknock, Desser Bahan Murah Hasil Mewah

Kompas.com - 04/06/2021, 13:18 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ingin membuat kue menggunakan bahan murah dan mudah ditemukan? Tart susu eggknock bisa menjadi salah satu pilihannya. 

Tart susu eggknock menggunakan bahan-bahan yang mudah dibeli, seperti telur, kental manis, gula pasir, margarin, dan susu cair dalam pembuatannya.

Buat isi dan kulit tart terlebih dahulu. Sebaiknya, tusuk-tusuk adonan kulit saat akan dipanggang agar tidak mengembang.

Simak resep tart susu eggknock dari buku "Resep Cake, Kue, dan Dessert dari Dapur Tempo Doeloe" (2020) oleh Tim Ide Masak terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

Baca juga: Resep Pie Susu Teflon, Camilan Manis yang Banyak Dibuat Saat Pandemi

Resep tart susu eggknock

Kulit:

  • 3 kuning telur rebus
  • 200 gr tepung terigu serbaguna
  • 150 gr margarin (jangan diganti mentega)

Bahan isi:

  • 6 butir kuning telur
  • 4 butir putih telur
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 300 ml susu cair
  • 50 gr gula pasir

Cara membuat tart susu eggknock:

1. Isi: Masukkan kuning telur, putih telur dan susu kental manis ke dalam satu wadah. Aduk menggunakan garpu asal rata (jangan dikocok). Sisihkan.

Masak susu cair dan gula pasir hingga hampir mendidih. Tuang ke dalam adonan kuning telur. Aduk hingga rata. Saring ke dalam gelas ukur atau wadah bermoncong lainnya. Sisihkan.

Baca juga: Resep Es Krim Mangga, Dessert Dingin yang Praktis

2. Kulit: Lumatkan kuning telur rebus dengan menggunakan garpu. Masukkan tepung terigu. Aduk hingga rata.

Masukkan margarin, remas dengan tangan hingga cukup tercampur dan adaonan tidak menempel di tangan. Masukkan dan ratakan ke dalam loyang pai ukuran sesuai selera.

3. Panggang loyang pai berisi adonan kulit dalam oven panas bersuhu 150 derajat celcius. Isi setiap loyang dengan adonan isi hingga hampir penuh.

4. Panggang selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan isi tidak goyang-goyang lagi. Angkat. Biarkan tetap dalam loyang hingga dingin. Keluarkan pai dari loyangnya. Siap sajikan.

Baca juga: Resep Pie Nanas Tanpa Oven, Camilan dan Ide buat Jualan

Buku "Resep Cake, Kue, dan Dessert dari Dapur Tempo Doeloe" (2020) oleh Tim Ide Masak terbitan Gramedia Pustaka Utama tersedia online di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com