Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Susu Sedunia 2021, Kapan Mulai Dirayakan?

Kompas.com - 31/05/2021, 20:11 WIB
Krisda Tiofani,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak 2001, Hari Susu Sedunia diperingati pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya. 

Food and Agriculture Organization (FAO) menetapkan "Enjoy Dairy" sebagai tema Hari Susu Sedunia 2021.

Hari Susu Sedunia ditetapkan oleh FAO yang merupakan bagian dari Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mengakui pentingnya susu sebagai makanan global.

Melansir situs World Milk Day, peringatan Hari Susu Sedunia dimaksudkan untuk memberi kesempatan dan perhatian pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan sektor persusuan.

Baca juga: Apa Bedanya Susu Segar dengan Susu Murni?

Melanjutkan tema Enjoy Dairy, FAO mendorong masyarakat dunia untuk mengambil peran penting dari sektor produk susu, yaitu:

  • Makanan, kesehatan dan nutrisi yang baik
  • Para petani merawat komunitas, tanah, dan hewan mereka secara bertanggung jawab
  • Praktik keberlanjutan di sektor susu
  • Bagaimana produk susu berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan mata pencaharian

Mengingat adanya pandemi global Covid-19, FAO mendorong penyelenggara untuk membuat kampanye melalui media sosial atau acara online.

Kampanye online ini dibuat untuk mematuhi kebijakan yang diberlakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah daerah.

Siapapun dapat merayakan acara Hari Susu Sedunia. FAO menyarankan beberapa tempat atau media terbaik untuk merayakan Hari Susu Dunia.

Tempat tersebut bisa berupa komunitas, klub olahraga, produsen susu, organisasi kesehatan, masyarakat pertanian, sekolah, serta para peneliti susu.

Baca juga: Apa Bedanya Susu UHT dan Pasteurisasi?

Kamu juga bisa mengikuti perayaan Hari Susu Sedunia melalui media sosial pribadi dengan mengunggah foto susu atau produk olahannya sambil menandai akun media sosial @WorldMilkDay dengan tagar #WorldMilkDay dan #EnjoyDairy.

Sebelumnya, menurut laporan FAO ada 104 negara yang mengikuti perayaan Hari Susu Sedunia tahun 2020 dengan melakukan berbagai bentuk perayaan, termasuk Indonesia.

Indonesia diketahui berpartisipasi melalui  webinar tentang peran produk susu dalam meningkatkan sistem kekebalan yang diselenggarakan oleh beberapa universitas.

Di tahun 2020 tersebut setidaknya ada lebih dari 62.000 unggahan dari masyarakat dunia yang berpartisipasi melalui sosial media dengan tagar #WorldMilkDay.

Baca juga: Cara Simpan Susu Cair Setelah Buka Kemasan, Tahan Sampai 7 Hari

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com