Kompas.com - 24/05/2021, 17:09 WIB
Ilustrasi singkong shutterstockIlustrasi singkong

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan grup perhotelan Accor untuk menginisiasi gerakan konsumsi pangan lokal di perhotelan.

Langkah ini menjadi bagian upaya pemerintah dalam menghidupkan perekonomian nasional melalui sektor konsumsi pangan lokal.

“Semua pangan lokal bisa kita manfaatkan untuk menghadirkan lapangan kerja dalam memperbaiki ekonomi nasional,” kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam acara “Gerakan Konsumsi Pangan Lokal” yang digelar di Mercure Bandung City Centre, Sabtu (22/5/2021).

Syahrul menyebutkan Indonesia punya pangan lokal seperri singkong, ubi kayu, pisang, sagu, sorgum, dan lainnya yang dapat dimanfaatkan.

Baca juga: Apa Itu Sorgum? Alternatif Makanan Pokok Selain Beras

Ia mengatakan bahwa sejauh ini sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang paling berperan besar terhadap perbaikan ekonomi.

Hal tersebut menuntut upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk para pelaku usaha, untuk bisa membangun pertanian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementan Suwandi mengatakan hotel-hotel di Indonesia yang berada di bawah naungan grup Accor telah siap memasukkan menu yang menggunakan bahan pangan lokal untuk para tamu.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementan Suwandi, dan Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia & Malaysia Adi Satria dalam acara Gerakan Konsumsi Pangan Lokal di Perhotelan, Sabtu (22/5/2021). Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementan Suwandi, dan Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia & Malaysia Adi Satria dalam acara Gerakan Konsumsi Pangan Lokal di Perhotelan, Sabtu (22/5/2021).

Menurutnya, sudah ada beberapa hotel yang berada di bawah naungan grup Accor yang melakukannya.

Khususnya hotel-hotel Accor di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang terbaru kini di Jawa Barat.

“Hotel di Semarang yang sudah masuk di Novotel. Hotel di Solo ada Hotel Novotel, Ibis, sama Royal Surakarta, sedangkan di Surabaya, ada Grand Mercure,” jelas Suwandi.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X