Kompas.com - 19/05/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi empal gentong Shutterstock/Ariyani TedjoIlustrasi empal gentong

KOMPAS.com – Salah satu kuliner khas yang tidak bisa kamu lewatkan saat berkunjung ke Cirebon, Jawa Barat adalah empal gentong.

Empal gentong merupakan sajian mirip gulai yang dimasak dengan kayu bakar di dalam sebuah gentong.

Di dalam seporsi empal gentong, biasanya terdiri dari irisan daging serta jeroan sapi dengan kuah santan bumbu kuning yang gurih.

Tempat makan empal gentong seperti berikut ini kerap dipadati wisatawan maupun warga lokal.

Ada tempat yang terkenal enak, ada pula yang tak hanya enak tapi juga legendaris karena sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu.

Baca juga: Cara Membuat Empal Gentong Cirebon yang Empuk dan Tidak Amis

Tak hanya empal gentong, di tempat-tempat berikut kamu juga bisa menemukan olahan empal khas Cirebon lainnya yang tak kalah populer, yakni empal asem.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini tempat makan empal enak dan legendaris di Cirebon mengutip Kompas.com dan Tribun Travel.

Empal gentong.Dok. Hotel Santika Cirebon Empal gentong.

1. Empal Gentong Bu Darma

Empal Gentong Bu Darma merupakan salah satu tempat yang legendaris di Cirebon untuk menikmati empal gentong karena telah berdiri sejak 1980.

Harga empal gentong di sini cukup terjangkau, mulai dari Rp 26.000 seporsi.

Tempat ini tidak membuka cabang sama sekali, empal gentong Bu Darma yang asli hanya terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 1, Cirebon. Jam buka setiap hari pukul 07.00-21.00 WIB.

Hati-hati jika kamu menemukan restoran bernama sama selain di lokasi tersebut, karena itu bukan tempat yang asli.

 

2. Empal Gentong Hj. Dian

Restoran ini terletak di Jalan Raya Ir. H. Juanda Nomor 84, Tengah Tani, Cirebon. Rasa kuah rempah empal gentong di sini disebut memiliki ciri rasa rempah yang khas.

Tempat makan ini jadi salah satu yang paling terkenal karena tampilannya yang bersih dan tempat parkir yang luas. Banyak pejabat, tokoh, dan selebriti yang bahkan pernah mampir ke sana.

Pasalnya, sang pemilik restoran memang memiliki rumah potong hewan pribadi. Jadi sisa daging kerbau, sapi, dan juga jeroan dari rumah pemotongan langsung diolah menjadi empal gentong dan empal asem.

Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00-22.00 WIB. Harganya cukup standar, berkisar mulai dari Rp 26.000 untuk beragam pilihan empal.

Baca juga: Resep Empal Asem Khas Cirebon, Empal Gentong Tanpa Santan

Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner khas Cirebon, di Sate Kambing Muda Haji Apud.KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Berbeda dengan empal gentong, hidangan ini disebut empal asem, yang juga merupakan kuliner khas Cirebon, di Sate Kambing Muda Haji Apud.

3. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H. Apud telah eksis sejak tahun 1994 lalu. Tempat ini jadi salah satu yang paling terkenal di Cirebon.

Empal gentong di Haji Apud terkenal karena tekstur daging yang empuk dan olahan bumbunya yang padat. Harga per porsinya cukup standar, yakni mulai dari Rp 24.000.

Ada tiga cabang Empal Gentong Haji Apud di sekitar Cirebon. Pertama di Jalan Tujuh Pahlawan Revolusi (Tuparev), Jalan Juanda atau biasa disebut Plered, dan kawasan Batik Trusmi.

Tempat ini buka setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB. Harga empal gentong dan empal asem di sini mulai dari Rp 22.000 per porsi.

Baca juga: Apa Bedanya Empal Gepuk, Gentong, dan Asem?

4. Empal Gentong Amarta

Warung Empal Gentong Amarta telah berdiri sejak tahun 1997 lalu. Perintisnya adalah pasangan suami istri Solihin dan Emi.

Tempat ini buka Selasa-Minggu pukul 09.00-21.00 WIB. Harganya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 24.000.

Tempat ini salah satu yang terkenal di kalangan wisatawan karena lokasinya cukup strategis, yakni di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 37, Battembut, Kabupaten Cirebon. Lokasi warung ini sering dilalui bus wisatawan.

Baca juga: Resep Empal Goreng Tanpa Santan, Bisa Simpan di Kulkas buat Stok

5. Empal Gentong Krucuk

Menu masakan di Empal Gentong Krucuk.DOK. FACEBOOK/EMPAL GENTONG KRUCUK Menu masakan di Empal Gentong Krucuk.

Empal Gentong Krucuk terletak di Jalan Slamet Riyadi Nomor 5, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon.

Keunikan tempat makan ini, ada dua tipe tempat makan yang bisa kamu pilih. Bertipe tenda ataupun suasana rumah makan permanen, keduanya dibangun berdekatan.

Daging dan jeroan yang tersaji di dalamnya begitu empuk dan bumbunya pun meresap. Kuah kuning yang gurih akan diberi tambahan irisan daun kucai dan bawang merah goreng.

Tempat ini buka setiap hari pukul 06.30-21.30 WIB. Harganya sangat terjangkau dibandingkan yang lain, yakni Rp 20.000 per porsi untuk empal gentong dan empal asem belum termasuk nasi.

Baca juga: 7 Makanan Khas Cirebon yang Bikin Nagih

6. Empal Gentong Empal Asem Ibu Sarini

Warung Ibu Sarini terkenal di kalangan wisatawan yang suka berwisata ke Pasar Kanoman. Tempat ini menawarkan rasa empal gentong dan empal asem yang khas dan aromatik.

Tempat ini terletak di Jalan Kanoman Nomor 12, Pekalipan, Cirebon. Tempat ini buka setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB.

Harga seporsi empal gentong dan empal asemn mulai dari Rp 30.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X