Kompas.com - 15/05/2021, 11:31 WIB
Ilustrasi tempe dibungkus daun pisang. SHUTTERSTOCK/HABIB FARINDRAIlustrasi tempe dibungkus daun pisang.

KOMPAS.com - Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) meresmikan Rumah Tempe yang berlokasi di Yayasan Seribu Pulau (YSP) Setu Bekasi, Jawa Barat.

Pembukaan Rumah Tempe membuat para yatim dhuafa di YSP dapat memiliki tempat untuk memproduksi tempe berkualitas. Tempe juga dapat langsung dipasarkan di sekitar YSP.

“Semoga anak-anak yatim yang ada disini nanti akan lulus dan dapat menjadi entrepreneur yang sukses," kata Direktur Implementation & Program BSMU, Fauzi Indrianto dikutip dari ANTARA, Jumat (14/5/2021).

Baca juga: Resep Mendol Tempe, Gorengan Garing dan Berbumbu

"Semoga bantuan yang disalurkan dapat bermanfaat untuk pengembangan Yayasan Seribu Pulau," lanjutnya.

Rumah Tempe merupakan tempat khusus untuk mengolah dan memproduksi tempe, mulai dari bahan mentah sampai menjadi produk yang siap dipasarkan.

Selain itu Rumah Tempe juga mampu mengolah limbah menjadi pakan ikan, sehingga dapat menjadi produk yang siap untuk dijual.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diharapkan tidak ada lagi limbah dari tempe yang tersisa atau terbuang sia-sia.

Ilustrasi tempe kedelai di atas nampan. SHUTTERSTOCK/ARIF RELANO OBA Ilustrasi tempe kedelai di atas nampan.

Fauzi menyebutkan Rumah Tempe merupakan kolaborasi berkelanjutan antara Laznas BSMU dengan YSP yang merupakan mitra dalam membina anak-anak yatim dhuafa. 

Ada tiga kemampuan dasar yang dibekali untuk anak-anak yatim dhuafa yaitu memahami Al-Qur’an, bahasa, serta entrepreneur.

Baca juga: Resep Tempe Mendoan dan Sambal Kecap, Gorengan untuk Buka Puasa

Oleh karena itu, hadirnya Rumah Tempe telah sejalan dengan semangat mereka dengan memberikan keterampilan agar anak yatim dhuafa bisa menjadi seorang entrepreneur di masa depan.

Iman Surahman, Pendiri Yayasan Seribu Pulau menyampaikan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan bantuan Rumah Tempe dan juga THR kepada anak yatim.

Laznas BSMU bersama Bank Syariah Indonesia (BSI) juga membagi paket THR Yatim Dhuafa kepada 50 anak yatim dhuafa yang lokasi penyerahannya dilakukan di Masjid Al Ihsan, Wisma Mandiri Jakarta.

Penyaluran paket THR Yatim Dhuafa ini merupakan rangkaian tebar kebaikan dari program "Ramadan Hebat" yang diadakan oleh Laznas BSMU sejak awal Ramadhan.

Baca juga: Sejarah Tempe, Makanan Asli Indonesia yang Mendunia

 



Sumber Antara
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X