Kompas.com - 12/05/2021, 12:07 WIB
Ilustrasi ketupat, kuliner khas Lebaran di Indonesia. Ketupat terbuat dari beras dibungkus janur. SHUTTERSTOCK/RANI RESTU IRIANTIIlustrasi ketupat, kuliner khas Lebaran di Indonesia. Ketupat terbuat dari beras dibungkus janur.

KOMPAS.com - Ada cara membuat ketupat yang hemat gas yaitu dengan dimasak menggunakan rice cooker.

Biasanya ketupat dimasak dalam dandang hingga matang. Kalau kamu tidak memiliki dandang di rumah, bisa menggunakan rice cooker untuk memasak ketupat.

Cara memasak ketupat di rice cooker ini bisa diikuti dengan mudah bahkan oleh anak kos untuk mengusir rasa rindu pada masakan lebaran di kampung halaman.

Ari Ambarwati dalam buku “Nusantara dalam Piringku” (2019) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama membagikan tips dan cara membuat ketupat di rice cooker berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Ketupat Lebaran agar Tidak Lembek ala Koki Hotel

Tips membuat ketupat di rice cooker

Ilustrasi ketupat di dalam besek. Ketupat merupakan sajian khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/YSK1 Ilustrasi ketupat di dalam besek. Ketupat merupakan sajian khas Lebaran di Indonesia.

Ada tiga tips yang bisa kamu ikuti saat akan membuat ketupat di rice cooker. Pertama, gunakan beras lokal.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kedua, rendam beras terlebih dahulu sebelum dimasak selama 30 menit. Pastikan butiran beras terendam semuanya.

Tips membuat ketupat di rice cooker yang terakhir adalah kalau kamu ingin beras pulen isi 2/3 bagian ketupat dengan beras. Namun, kalau kamu ingin beras pera isi 1/3 bagian ketupat.

Baca juga: Cara Membuat Ketupat yang Padat untuk Teman Makan Gulai

Cara membuat ketupat di rice cooker

Ilustrasi ketupat yang dibungkus janur alias daun kelapa. SHUTTERSTOCK/HAPELINIUM Ilustrasi ketupat yang dibungkus janur alias daun kelapa.

Selanjutnya, ada cara membuat ketupat hemat gas dan anti lembek di rice cooker. Siapkan dulu bahan yang dibutuhkan, seperti:

  • 1 liter beras
  • 10 buah selongsong ketupat siap pakai

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X