Kompas.com - 17/04/2021, 13:07 WIB
Ilustrasi buah kelapa PIXABAY/ VIJAYA NARASIMHAIlustrasi buah kelapa

KOMPAS.com - Kelapa memiliki kulit yang tebal. Ketebalan bagian luar kelapa disebabkan oleh lapisan batok dan sabut kelapa.

Selain tebal, kulit kelapa juga memiliki tekstur keras sehingga dibutuhkan alat dan tenaga yang cukup baik untuk mengupas buah ini.

Iwan, seorang pedagang grosir kelapa muda di daerah Parung, Jawa Barat, memberikan tips mengupas kelapa, saat dihubungi oleh Kompas.com pada Kamis (15/4/21).

Baca juga: Cara Bedakan Kelapa Tua dan Kelapa Muda, Ketuk Kulitnya

Sediakan golok tajam dan tatakan datar

"Untuk kupas kelapa gak ada cara khusus, yang paling penting alat sama tatakan datar aja," kata Iwan.

Menurut Iwan, mengupas kelapa harus menggunakan golok tajam. Membuka buah kelapa tidak bisa hanya menggunakan pisau dapur biasa.

Pada dasarnya, mengupas kelapa dimulai dari bagian atas.

Pertama, tancapkan golok secara miring di bagian atas kelapa. Jika sudah, lakukan hal yang sama pada sekeliling atas kelapa hingga bagian atas bisa datar dari kulit kelapa hijau.

Setelah tahap tersebut, kamu bisa lanjutkan tahap berikutnya tergantung pada olahan kelapa yang kamu inginkan.

Baca juga: Cara Cungkil Daging Kelapa agar Hasilnya Maksimal dan Bersih

Kupas kelapa sesuai olahannya

Ilustrasi buah kelapaKompas.com/Krisda Tiofani Ilustrasi buah kelapa

Jika kamu mengupas kelapa untuk langsung diminum, Iwan menyarankan untuk membalik posisi kelapa, bagian atas menjadi bawah, dan mengupas bagian bawahnya dengan hati-hati.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X