Kompas.com - 15/04/2021, 16:03 WIB
Buah kelapa muda jelly di Taufik Kupi 2 Kota Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (8/1/2021) KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBOBuah kelapa muda jelly di Taufik Kupi 2 Kota Lhokseumawe, Aceh, Sabtu (8/1/2021)

KOMPAS.com - Tanaman kelapa memiliki banyak kegunaan bagi manusia. Dari semua bagian yang ada, daging dan air kelapa adalah yang umum dikonsumsi.

Mengambil daging kelapa tidak mudah, diperlukan sedikit trik khusus agar daging yang ada bisa benar-benar habis diambil. Apalagi jika kelapa yang kamu beli ternyata agak tua. 

Pedagang kelapa grosir di Parung, Jawa Barat, bernama Iwan, membagikan tips mencungkil daging kelapa hingga bersih dari batoknya.

Baca juga: Resep Es Kelapa dari Penjual Kelapa, Cuma Butuh 4 Bahan untuk Takjil

Hal penting untuk mencungkil daging kelapa adalah dengan menggunakan alat kerik khusus kelapa agar dagingnya mudah diambil

"Ambil dagingnya pakai alat kerik untuk kelapa biar gampang terkikis," kata Iwan diwawancara Kompas.com pada Kamis (15/4/2021).

Menurut Iwan, alat kerik kelapa sudah mudah ditemukan di pasaran. Bentuknya seperti garpu tetapi ujung mata yang bengkok. 

Jika tak punya itu, kamu bisa membuat alat kerik kelapa sendiri dengan kayu, paku, dan tutup botol minuman soda dari bahan alumunium.

Baca juga: Resep Es Blewah Jeruk, Hanya 2 Langkah Pembuatan untuk Buka Puasa

Setelah menyiapkan alatnya, perhatikan bagaimana seharusnya mencungkil daging kelapa secara maksimal.

Ilustrasi kelapa muda, air kelapa muda.Shutterstock/Art Jazz Ilustrasi kelapa muda, air kelapa muda.

“Mencungkilnya jangan terlalu ditekan, harus ada jaraknya," kata Iwan,

Saat mengerik, pastikan alat cungkil sedikit mengambang dan tidak langsung terkena daging kelapa.

Jika terlalu dekat, daging kelapa yang dicungkil akan terlalu tebal dan sulit untuk dikunyah.

Baca juga: Resep Es Coklat Cincau, Tambah Kelapa Muda Serut Lebih Segar

 

Selain itu, semakin tebal daging kelapa maka akan sedikit jumlah daging kelapa yang bisa dihasilkan. Sebenarnya kalau untuk konsumsi di rumah hal ini tidak masalah, berbeda jika untuk jualan. 

Selain daging, air kelapa juga bisa dikonsumsi. Disarankan untuk menggunakan langsung air kelapa sehabis mengupas buahnya.

"Air kelapa cuma tahan sekitar setengah jam dan harus dimasukin ke dalam es, kalau enggak bakal bau asam dan langsung basi," tutup Iwan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X