Kompas.com - 15/04/2021, 13:39 WIB
Ilustrasi telur yang telah dipecahkan. PEXELS/KLAUS NIELSENIlustrasi telur yang telah dipecahkan.


KOMPAS.com – Dalam membuat kue kering ada banyak hal yang harus dilakukan secara presisi.

Termasuk salah satunya menggunakan bahan-bahan dalam takaran yang pas dan dalam suhu tertentu,

Konon penggunaan bahan-bahan, telur salah satunya, harus berada dalam suhu ruang dahulu sebelum dicampur dalam adonan kue. Namun, benarkah itu?

Baca juga: Berapa Lama Telur Dapat Disimpan?

Menurut Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan, penggunaan telur dalam suhu tertentu akan mempengaruhi proses pencampuran adonan.

Jika menggunakan telur dengan suhu dingin alias baru dikeluarkan dari kulkas, maka akan menghambat pencampuran dengan mentega dan gula.

“Kalau dia terlalu dingin nanti pengaruh ke butter. Lebih lama bercampurnya,” kata Arief ketika dihubungi Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Adonan kue keringShutterstock Adonan kue kering

Maka dari itu, sebaiknya keluarkan telur dari kulkas dan biarkan dalam suhu ruang selama beberapa saat. Jika suhunya dirasa sudah cukup pas, baru campurkan telur dalam adonan.

Namun untuk beberapa resep kue kering yang hanya membutuhkan kuning telur saja, kamu lebih baik memisahkan kuning dan putih telur saat telur dalam keadaan dingin.

Setelah dipisahkan, baru biarkan kuning telur dalam suhu ruang hingga siap pakai.

Baca juga: Tips Bikin Kue Kering Lebaran Enak dan Wangi Tanpa Mentega

Dengan begitu, kata Arief, proses pemisahan akan lebih mudah karena kondisi telur masih sedikit padat akibat suhu dingin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X