Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2021, 10:49 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Crab stick merupakan makanan olahan dengan rasa mirip daging kepiting yang sering kali disajikan sebagai isian sushi atau menu hot pot.

Dilansir dari All Recipes, crab stick bukan terbuat dari daging kepiting asli, melainkan dari surimi atau daging ikan cincang yang diproses menjadi pasta.

Kemudian dicampur dengan berbagai bahan dan dibentuk dengan segel plastik seperti yang sekarang ini beredar di masyarakat.

Baca juga: Apa Itu Crab Stick? Makanan Olahan Bukan dari Kepiting

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya soal, apakah crab stick sudah matang atau belum? Simak penjelasan singkatnya berikut ini.

Apakah crab stik sudah matang atau belum?

Ilustrasi crab stickShutterstock Ilustrasi crab stick

Dikutip dari Leaf.tv, crab stick sudah matang sepenuhnya. Namun, rasa dan teksturnya akan sangat terasa lebih mirip dengan daging kepiting asli ketika dipanaskan.

Namun perlu diperhatikan juga, memanaskan daging kepiting imitasi terlalu cepat atau terlalu lama bisa menurunkan kualitas rasa dari crab stick tersebut.

Baca juga: Cara Masak Kepiting agar Empuk dan Nutrisinya Terjaga

Ada banyak cara untuk memanaskan atau mengolah kembali crab stick, misalnya saja dengan cara dicampurkan dalam kaldu ikan. Kemudian panaskan dengan suhu 121 hingga 148 derajat celsius.

Namun, cara terbaik untuk memanaskan crab stick adalah dengan cara mengukusnya. Susun daging kepiting imitasi di keranjang kukusan dan kukus selama tiga sampai lima menit.

Ada tips untuk memasak kembali crab stick agar rasa dan teksturnya menjadi lebih enak yaitu dengan cara menumis atau merebus dengan kaldu, pastikan untuk menambahkannya di akhir.

Hal itu untuk melindungi crab stick dari panas dan tidak membuatnya lembek karena terlalu lama dimasak.

Baca juga: Resep Kare Kepiting, Olahan Kepiting dengan Bumbu Sederhana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com