Kompas.com - 24/02/2021, 16:16 WIB
Ilustrasi ayam geprek tanpa nasi. SHUTTERSTOCK/ ArtirozIlustrasi ayam geprek tanpa nasi.
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Ada banyak tempat makan ayam geprek di Yogyakarta. Bahkan beberapa waktu lalu warganet di Twitter sempat membagikan kasta ayam geprek di kota ini. 

Di Yogyakarta kamu dapat menemukan berbagai varian ayam geprek yang lezat. Dari ayam geprek orginal hingga ayam geprek kekinian, seperti ayam geprek mozzarella pun ada.

Penjualnya juga tersebar hampir di seluruh wilayah Yogyakarta, sehingga kamu tidak akan kesulitan menemukannya. 

Berikut 15 warung ayam geprek enak di Yogyakarta yang wajib dicoba.  

Baca juga: Apa Itu Ayam Geprek? Dari Mana Asalnya?

1. Ayam Geprek Bu Rum

Ayam Geprek Bu Rum diklaim sebagai pelopor ayam geprek pertama yang ada di Yogyakarta atau bahkan Indonesia. Warung ini berdiri sejak tahu 2003. 

Selain menjual ayam geprek original dengan rasa otentik, warung geprek Bu Rum juga menyediakan beragam ayam geprek kekinian. 

Seperti ayam geprek sambalado, cabai hijau, bumbu rendang, hingga geprek dengan taburan keju. Ada pula sayuran serta lauk pendamping lainnya. 

Satu porsi ayam geprek original diberi harga kurang lebih Rp 12.000 saja. Tak perlu bingung mencari letak Ayam Geprek Bu Rum.

Pasalnya, warungnya sudah memiliki banyak cabang yang tersebar hampir di seluruh wilayah Yogyakarta.

Namun jika kamu ingin menikmati langsung di tempat pertamanya, bisa mengunjungi warung Ayam Geprek Bu Rum yang ada di Jalan Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. 

Jam bukanya mulai pukul 08.00 sampai 21.00 WIB atau sampai habis.

Baca juga: Resep Ayam Geprek Mozarella, Bikin untuk Makan Malam

2. Ayam Geprek Bu Made

Ilustrasi ayam geprek. SHUTTERSTOCK/FARDAN ABID ARIF BILLAH Ilustrasi ayam geprek.

Tak jauh dari warung Ayam Geprek Bu Rum, ada warung Ayam Geprek Bu Made yang tidak kalah populer. Warung geprek ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang main ke Yogyakarta. 

Lokasi tepatnya berada di Jalan Wulung Nomor 26, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. 

Di sini kamu dapat menikmati ayam geprek orginal dengan pilihan sambal. Kamu dapat memilih antara sambal bawang atau sambal tomat terasi segar. 

Baca juga: Ayam Geprek, Ayam Penyet, dan Ayam Gepuk, Apa Bedanya?

Jangan lupa pesan pula kuah tongsengnya supaya ayam geprekmu lebih enak. Atau, kamu juga bisa memesan aneka sayur dan lauk lainnya. 

Harga ayam geprek di warung Bu Made antara Rp 10.000 sampai Rp 15.000. Jam bukanya sendiri mulai pukul 08.30 hingga 20.00 WIB atau sampai habis. 

3. Ayam Geprek Bu Rini

Berbeda dengan warung ayam geprek kebanyakan, warung Bu Rini menyajikan ayam geprek dengan sambal yang diberi daun jeruk. 

Penambahan daun jeruk inilah yang lantas membuat sambalnya jadi lebih wangi dan sedap. Ada banyak cabang warung Ayam Geprek Bu Rini di Yogyakarta. 

Baca juga: Resep Ayam Geprek Sambal Bawang, Crispy dan Pedas Mantap!

Kamu dapat mencoba salah satunya yang berada di Jalan Glagahsari Nomor 3, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Jam bukanya mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB. 

Untuk harganya sendiri hampir sama dengan warung geprek lainnya, antara Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja. 

4. Prekju YK

Ilustrasi ayam geprek mozarellaSHUTTERSTOCK/ Riki Risnandar PhotoPro Ilustrasi ayam geprek mozarella

Beragam menu ayam geprek kekinian di jual di warung ini. Ada ayam geprek keju cheddar, ayam geprek mozarella, hingga ayam geprek dengan saus barbeku. 

Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp 14.000-an sampai Rp 25.000-an. Cabangnya sudah ada di mana-mana, jadi kamu tidak akan kesulitan menemukannya. 

Salah satu cabangnya ada di Jalan Perumnas Nomor 184, Kledokan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Buka mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Kalau malas, kamu juga bisa memesan ayam geprek di Prekju YK melalui ojek daring. Namun harganya akan sedikit berbeda dengan yang tertera di warungnya. 

Baca juga: Resep Ayam Geprek Sambal Matah, Menu Lezat untuk Makan Siang

5. Ayam Geprek Bu Nanik

Warung geprek ini ada di Jalan Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.

Selain ayam geprek yang super pedas, kamu juga dapat memesan aneka syuran rumahan yang lezat. Jangan lupa cicipi bihunnya karena ini merupakan salah satu ciri khas warung geprek Bu Nanik. 

Baca juga: Resep Telur Geprek Sambal Bawang, Makanan Simpel dan Murah

Kuah tongseng di warung Bu Nanik juga wajib kamu pesan. Rasanya tidak kalah enak dengan kuah tongseng di warung geprek lainnya.

Untuk harganya sendiri lebih kurang antara Rp 10.000 sampai Rp 20.000 saja.

Kalau ingin mencoba, kamu bisa datang pukul 08.00 sampai 20.30 WIB. Namun sebaiknya jangan datang terlalu lama kalau tidak ingin kehabisan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X