8 Negara yang Punya Kecap, Yuk Kenali Jenisnya

Kompas.com - 30/10/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi aneka kecap dari Asia. Dok. TastefoodIlustrasi aneka kecap dari Asia.

KOMPAS.comKecap sebutan untuk saus fermentasi umumnya kacang kedelai, berwarna cokelat. Kecap dimanfaatkan sebagai penyedap makanan. 

Cara pembuatan kecap pada dasarnya yaitu kedelai dimasak dan dikombinasikan dengan kultur jamur aspergillus oyzae untuk fermentasi. 

Bibit kecap tersebut kemudian dicampur dengan air garam dan disimpan di dalam pot dalam waktu lama.

Baca juga: 6 Kecap dari Jepang, Tidak Hanya Shoyu

Kecap pertama kali muncul di China dan Korea lebih dari 2.000 tahun yang lalu. Sekarang kecap menjadi populer sebagai bumbu hingga saus cocolan makanan di banyak negara.

Melansir Matador Network, beberapa negara terutama di Asia, mempunyai jenis kecap khas sendiri.

Mari kenali kecap-kecap dari berbagai negara tersebut dari China, Indonesia, hingga Sri Lanka.

1. Kecap China

  • Jiàngyóu

Kecap ini merupakan produk kecap pertama yang berasal dari Cina, disebut dengan Jiang. Jiang digunakan pertama kali untuk membuat acar dan mengawetkan daging dan sayuran.

Sebutan lainnya dikenal sebagai zhiyou, jiàngyóu, atau douyou tergantung pada dialeknya. kecap China terkenal menggunakan gandum jauh lebih sedikit daripada kecap Jepang.

Baca juga: Apa Itu Kecap Inggris? Saus Penyedap Hasil Eksperimen yang Gagal

  • Kecap asin (light soy sauce)

Merupakan variasi kecap paling umum dalam masakan China. Dibuat dari perasan kedelai pertama, dan cenderung lebih terang warnanya dan lebih asin daripada kecap China lain.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X