Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Kesalahan Aziz MasterChef Indonesia, Ini Cara Tepat Padukan Keju dan Madu

Kompas.com - 24/10/2020, 21:50 WIB
Syifa Nuri Khairunnisa,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Keju dan madu adalah salah satu contoh kasus di mana dua bahan yang punya rasa sangat kontras ternyata bisa berpadu dengan baik.

Dalam pressure test MasterChef edisi Sabtu (24/10/2020), peserta Aziz berusaha untuk memadukan keju dan madu dalam bentuk calzone gurih. Namun sayangnya ia gagal karena hidangannya dianggap tidak seimbang.

Penggunaan keju yang terlalu berlebihan pada akhirnya menutupi rasa manis dari madu di dalam calzone. Mengombinasikan keju dan madu memang tidaklah mudah.

Baca juga: 3 Tips Bedakan Madu Hutan Asli dengan Madu Oplosan

Seperti dilansir dari The Spruce Eats, ada sedikit trik khusus yang perlu kamu lakukan untuk bisa memadukan kedua bahan ini dengan sempurna.

Madu digunakan untuk meningkatkan rasa keju, bukannya menekannya maupun sebaliknya. Maka dari itu gunakanlah sedikit saja. Selain itu, ada juga beberapa jenis keju yang lebih cocok dengan madu daripada yang lain.

1. Ricotta

Keju ricotta cocok disajikan dengan tetesan madu. Perpaduan ini cocok disajikan untuk sarapan atau bahkan untuk dessert.

Ilustrasi honeycombShutterstock/LesiChkalll27 Ilustrasi honeycomb

Kamu juga bisa memadukan keju ini dengan buah-buahan seperti buah ara, aprikot, dan beri. Selain itu cocok juga jika menambahkan elemen gurih lainnya seperti prosciutto, daging ham kering ala Italia.

Dilansir dari Serious Eats, keju creamy seperti ricotta ini cocok dengan madu bercita rasa herba atau sitrus seperti lavender, timi, atau orange blossoms.

2. Brie dan triple crème

Keju brie dan triple crème cocok dengan sedikit madu. Tambahkan juga beberapa jenis kacang sebagai garnish untuk menambah tekstur. Dilansir dari Martha Stewart, keju brie cocok dipadukan dengan madu sitrus.

3. Keju biru

Keju biru benar-benar cocok dengan madu. Keju biru cocok dengan madu yang diberi sedikit perasa seperti alfalfa atau clover.

Jangan takut dengan rasanya yang kuat. Walaupun rasanya cenderung sangat kuat, ternyata madu berperan melembutkan sedikit rasa kuat dari keju biru.

Ilustrasi sandwich keju dan maduShutterstock/DronG Ilustrasi sandwich keju dan madu

4. Keju tua

Jenis-jenis keju yang tua seperti parmigiano-reggiano atau cheddar dengan rasa tajam cocok jika dipadukan dengan madu.

Rasa kacang-kacangan pada keju parmigiano-reggiano dan keju alpine seperti gruyere dan comte juga coock dengan madu yang punya rasa kaya. Misalnya, madu chestnut dan buckwheat.

5. Keju kambing

Keju kambing yang masih segar khususnya, atau keju-keju yang puya rasa asam dan tajam seperti feta juga bisa dipadukan dengan sedikit madu.

Keju kambing punya tekstur yang creamy sehingga cocok dengan madu sitrus atau herba seperti lavender, timi, atau orange blossoms.

Amanda Parker, asisten manajer dari Murray’s, salah satu toko keju spesialti di New York seperti dilansir dari Martha Stewart merekomendasikan untuk memadukan keju dengan honeycomb.

Honeycomb sangat manis, dan juga punya struktur yang cukup kuat sehingga kamu bisa mengoleskan keju begitu saja di atasnya,” kata Parker.

Salah satu favoritnya adalah memakan honeycomb dengan campurkan keju triple-cream.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com