Jadi Tantangan MasterChef Indonesia, Honeycomb Bisa Diolah Jadi Apa Saja?

Kompas.com - 24/10/2020, 22:12 WIB
Ilustrasi bubur manis dengan buah ara dan honeycomb Shutterstock/zarzamoraIlustrasi bubur manis dengan buah ara dan honeycomb


KOMPAS.com – Honeycomb adalah produk natural yang dibuat oleh lebah madu. Mereka menggunakan honeycomb sebagai tempat menyimpan madu dan juga rumah untuk larva.

Honeycomb sempat menjadi salah satu bahan untuk tantangan pressure test di MasterChef Indonesia Season 7 episode Sabtu (24/10/2020).

Baca juga: Hindari Kesalahan Aziz MasterChef Indonesia, Ini Cara Tepat Padukan Keju dan Madu

Honeycomb terbentuk dari serangkaian ruang heksagonal atau segi enam yang dibangun dari lilin lebah atau beeswax. Beeswax ini secara umum mengandung madu mentah.

Berbeda dengan madu komersial di pasaran, madu mentah belum melalui proses pasteurisasi atau filterisasi sehingga masih sangat asli.

Dilansir dari Food Network, honeycomb aman untuk dimakan. Pasalnya untuk membuat madu komersial, honeycomb ini juga ikut dihancurkan hingga benar-benar halus.

Karena rasanya yang enak dan dianggap banyak manfaat kesehatan, honeycomb kerap kali dimakan langsung atau bisa juga diolah lagi jadi aneka macam sajian yang sangat berbeda dari madu biasa.

Salah satu alasannya tentu karena tekstur keduanya yang sangat berbeda. Misalnya jika kamu ingin mengombinasikan madu dengan salad, akan lebih terasa lebih enak jika menggunakan potongan honeycomb daripada tetesan madu cair.

Ilustrasi honeycombShutterstock/LesiChkalll27 Ilustrasi honeycomb

Teksturnya pun tidak terasa seperti memakan lilin. Dinding-dinding honeycomb seakan memberikan lapisan tekstur pada madu.

Seperti halnya madu cair, honeycomb juga bisa disimpan di suhu ruang dalam waktu yang lama.

Jika kamu punya beberapa pilihan di pasar, pilih honeycomb yang berwarna agak gelap karena biasanya akan punya rasa yang lebih dalam.

Berikut beberapa ide hidangan honeycomb untuk kamu coba di rumah.

Baca juga: Cara Cairkan Madu yang Mengkristal dalam Botol

Campur dengan bahan lainnnya

Aduk potongan honeycomb dengan greek yoghurt. Bisa juga mencampurkannya dengan es krim vanila yang lembut. Jangan bekukan es krim tersebut karena honeycomb nantinya akan menjadi rapuh.

Campurkan honeycomb dengan semangkuk oatmeal hangat. Bisa juga menggunakannya sebagai topping untuk pancake dan waffle, atau bubur nasi manis.

Baca juga: Beda Waffle dan Pancake yang Terbuat dari Bahan Dasar Sama

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X