Apa Bedanya Daging Kambing dan Domba?

Kompas.com - 28/10/2020, 09:12 WIB
Ilustrasi daging domba mentah Shutterstock/Natalia LisovskayaIlustrasi daging domba mentah


KOMPAS.com – Kamu mungkin seringkali berpikir daging kambing dan domba merupakan jenis yang sama atau mirip. Namun, keduanya sangat berbeda.

Pertama, keduanya merupakan jenis hewan yang berbeda. Karena itulah baik kambing maupun domba memiliki karakteristik daging hingga rasa yang juga berbeda.

Baca juga: Beda Daging Sapi Australia dengan Amerika, Salah Satunya Lebih Mahal

Apa saja perbedaan keduanya? Corporate Chef Meat and Livestock Australia (MLA) Chef Samuel Burke dan Celebrity Chef Vania Wibisono menjelaskan perbedaan keduanya.

Daging kambing

Daging ambing memang cenderung lebih terkenal dan lebih mudah ditemukandi Indonesia. Mulai dari sajian kambing guling, gulai kambing, hingga sate kambing.

Hanya beberapa restoran saja yang menjual domba di Indonesia.

Baca juga: Resep Nasi Mandhi, Hidangan Nasi Rempah Daging Kambing Khas Timur Tengah

“Padahal kita enggak tahu bahwa sebenarnya banyak gerai restoran itu yang pakai domba, bukan kambing,” tutur Vania dalam sesi webinar Peluncuran Kampanye #Lambassador bersama Meat & Livestock Australia, Selasa (27/10/2020).

Ilustrasi gulai daging kambing khas Indonesia. SHUTTERSTOCK/GERDIE HUTOMO Ilustrasi gulai daging kambing khas Indonesia.

Namun, karena orang Indonesia cenderung familiar dengan kambing, maka akhirnya mereka menuliskan nama dagingnya sebagai daging kambing.

Secara tekstur, daging kambing pada dasarnya punya karakteristik daging yang lebih keras teksturnya daripada daging lomba.

Maka dari itu proses memasaknya biasa dilakukan slow braising atau pemasakan dengan waktu yang lama.

Baca juga: Bedanya Daging dari Sapi yang Makan Rumput dengan Biji, Enak Mana?

Menurut Vania, proses slow cooking ini dilakukan agar prosesnya bisa lebih mengurai otot dan daging kambing yang keras dan kaku.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X