Resep Bubur Kacang Hijau, Menu Sarapan Manis

Kompas.com - 28/10/2020, 08:08 WIB
Ilustrasi bubur kacang hijau. SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKAIlustrasi bubur kacang hijau.

KOMPAS.com - Bubur kacang hijau bisa menjadi menu sarapan manis. Cara membuat bubur kacang hijau memerlukan 3 langkah saja. Namun, harus sabar menunggu perebusan kacang hijau sampai empuk.

Kalau ingin kacang hijau cepat empuk, sebaiknya rendam dengan air suhu ruang semalaman. Namun, kalau tidak sempat bisa rendam menggunakan air panas selama 30 menit. Lalu langsung olah.

Berikut selengkapnya resep bubur kacang hijau.

Baca juga: Resep Bubur Kacang Hijau, Tanpa Santan Juga Enak

Resep bubur kacang hijau

Bahan

  • 1/4 kilogram kacang hijau
  • 120 gram gula merah
  • 120 gram gula pasir
  • 500-750 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1-2 lembar daun pandan

Cara membuat bubur kacang hijau

1. Cuci bersih kacang hijau, pastikan bagian yang kurang baik terbuang.

2. Rebus kacang hijau sampai empuk, kira-kira 1 jam. Namun, kalau kacang hijau sudah direndam, rebus sekitar 30 menit. Cek apakah sudah empuk. Kalau belum, rebus lagi sampai empuk.

3. Ikat daun pandan, campur dengan kacang hijau. Tuangkan santan, aduk rata. Tambahkan gula merah dan gula pasir. Masak sampai gula larut.

Tuangkan bubur ke dalam mangkuk saji. Bubur kacang hijau pun siap disantap.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X