Makan Nasi Kapau Jangan Lupa Minta Sebeng, Bonus Lauk Nasi Kapau

Kompas.com - 25/10/2020, 17:52 WIB
Ilustrasi lapau nasi kapau Shutterstock/Reyhan Rezki PratamaIlustrasi lapau nasi kapau


KOMPAS.com – Jika kamu berkunjung ke lapau nasi kapau atau warung nasi kapau, sebenarnya kamu punya hak atas sebeng. Namun apa sebenarnya sebeng?

Baca juga: Apa Bedanya Makan Nasi Kapau di Tempat dan Dibungkus?

“Jadi setelah kita memilih (lauk), kemudian uni akan memberi dengan murah hatinya sebeng. Sebeng itu adalah bonus. Jadi kayak komplimen,” papar Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler dan Rendang: Minang Legacy to the World.

Hal itu ia sampaikan ketika menjadi narasumber dalam sesi webinar “Perjalanan Rantau: Lapau Nagari Kapau” yang diselenggarakan Aksara Pangan, Kamis (22/10/2020).

Biasanya sebeng terdiri dari dua pilihan. Entah dendeng balado khas kapau atau gulai tambusu yang sudah dipotong kecil-kecil.

Baca juga: Resep Gulai Tambusu Khas Minang, Usus Sapi Isi Tahu Telur

Ilustrasi seporsi nasi kapau dengan dendeng balado dan gulai sayurShutterstock/Aljofoto Ilustrasi seporsi nasi kapau dengan dendeng balado dan gulai sayur

“Kita boleh milih tapi enggak semua orang tahu bahwa kita punya hak atas sebeng, atas nasi kapau yang kita beli,” tutur Reno.

Cara memesan di lapau

Cara memesan makanan di lapau nasi kapau sedikit berbeda dari rumah makan padang biasa. Ketika datang, kamu akan memesan langsung lauk yang kamu inginkan pada uni penjual yang berposisi di belakang deretan wadah makanan.

Biasanya wadah makanan akan ditata bertingkat di atas meja yang lebar. Kamu tinggal menunjuk saja makanan apa yang kamu inginkan. Makanan berkuah akan ditaruh paling jauh di depan uni penjual.

Sebeng atau bonus lauk yang diberikan para penjual di lapau nasi kapauDok. YouTube Aksara Pangan Sebeng atau bonus lauk yang diberikan para penjual di lapau nasi kapau

Menurut Reno, starter pack atau paket dasar yang biasa dipilih orang yang datang ke lapau nasi kapau adalah nasi bersama kuah dan satu lauk utama.

Maka ketika kamu sudah memilih nasi, kuah, dan lauk yang kamu inginkan, kamu bisa meminta sebeng pada uni penjual.

Setiap lapau nasi kapau di Bukittinggi pasti akan memberikan sebeng pada para pembeli.

Namun Reno mengaku ia tak familier apakah hal itu juga dilakukan oleh lapau nasi kapau yang ada di luar Bukittinggi seperti yang banyak tersebar di Jakarta.

Sebeng ini juga bisa kamu dapatkan jika kamu meminta porsi tambah pada sang penjual.

Misalnya selesai makan, kamu meminta porsi tambah. Nantinya sang penjual akan memberikan satu piring nasi bersama dengan kuah dan lauk sebeng. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X