Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makan Nasi Kapau Jangan Lupa Minta Sebeng, Bonus Lauk Nasi Kapau

“Jadi setelah kita memilih (lauk), kemudian uni akan memberi dengan murah hatinya sebeng. Sebeng itu adalah bonus. Jadi kayak komplimen,” papar Reno Andam Suri, penulis buku Rendang Traveler dan Rendang: Minang Legacy to the World.

Hal itu ia sampaikan ketika menjadi narasumber dalam sesi webinar “Perjalanan Rantau: Lapau Nagari Kapau” yang diselenggarakan Aksara Pangan, Kamis (22/10/2020).

Biasanya sebeng terdiri dari dua pilihan. Entah dendeng balado khas kapau atau gulai tambusu yang sudah dipotong kecil-kecil.

“Kita boleh milih tapi enggak semua orang tahu bahwa kita punya hak atas sebeng, atas nasi kapau yang kita beli,” tutur Reno.

Cara memesan di lapau

Cara memesan makanan di lapau nasi kapau sedikit berbeda dari rumah makan padang biasa. Ketika datang, kamu akan memesan langsung lauk yang kamu inginkan pada uni penjual yang berposisi di belakang deretan wadah makanan.

Biasanya wadah makanan akan ditata bertingkat di atas meja yang lebar. Kamu tinggal menunjuk saja makanan apa yang kamu inginkan. Makanan berkuah akan ditaruh paling jauh di depan uni penjual.

Menurut Reno, starter pack atau paket dasar yang biasa dipilih orang yang datang ke lapau nasi kapau adalah nasi bersama kuah dan satu lauk utama.

Maka ketika kamu sudah memilih nasi, kuah, dan lauk yang kamu inginkan, kamu bisa meminta sebeng pada uni penjual.

Setiap lapau nasi kapau di Bukittinggi pasti akan memberikan sebeng pada para pembeli.

Namun Reno mengaku ia tak familier apakah hal itu juga dilakukan oleh lapau nasi kapau yang ada di luar Bukittinggi seperti yang banyak tersebar di Jakarta.

Sebeng ini juga bisa kamu dapatkan jika kamu meminta porsi tambah pada sang penjual.

Misalnya selesai makan, kamu meminta porsi tambah. Nantinya sang penjual akan memberikan satu piring nasi bersama dengan kuah dan lauk sebeng. 

https://www.kompas.com/food/read/2020/10/25/175244075/makan-nasi-kapau-jangan-lupa-minta-sebeng-bonus-lauk-nasi-kapau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke