Resep Hong Kong Egg Tart, Pie Susu buat Camilan Sore

Kompas.com - 14/10/2020, 14:14 WIB
Hong Kong Egg Tart. DOK. HONG KONG TOURISM BOARDHong Kong Egg Tart.

KOMPAS.com - Hong Kong egg tart, pie dengan isian custardEgg tart khas Hong Kong menggunakan adonan dasar shortcrust pastry. Berbeda dengan egg tart dari Portugis yang menggunakan puff pastry.

Baca juga: Apa Itu Pastry? Kue Kering ala Perancis dengan 5 Jenis Adonan

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Chef Yuda Bustara, perwakilan Hong Kong Tourism Board, pada acara Jakarta Dessert Week 2020 yang disiarkan melalui Tokopedia Play, Sabtu (10/10/2020).

Chef Yuda menambahkan, Hong Kong egg tart sangat mirip dengan pie susu bali. Kamu pun bisa membuat sendiri pie susu ini di rumah dengan mengikuti resep dari Chef Yuda Bustara.

Resep Hong Kong egg tart

Bahan

  • 170 gram tepung terigu
  • 100 gram mentega tawar sangat beku, potong dadu kecil
  • Garam secukupnya
  • 3 sdm air es
  • 1/2 sdm cuka apel

Bahan puding

  • 120 gram gula halus atau gula kastor
  • 225 ml air
  • 2 telur, kocok ringan
  • 100 ml susu evaporasi
  • 1/2 sdt sirup vanili atau ekstrak vanili

Hong Kong egg tart dan milk tea. DOK. HONG KONG TOURISM BOARD Hong Kong egg tart dan milk tea.

Cara membuat Hong Kong egg tart

1. Masukkan tepung terigu, mentega, dan garam ke dalam food processor. Campur sampai tekstur adonan seperti pasir besar. Jangan campur terlalu lama karena mentega bisa leleh, sehingga membuat adonan keras.

2. Tuangkan campuran air dingin dan sedikit cuka. Campur sampai adonan menyatu dan mudah dibentuk.

3. Bungkus adonan pie. Simpan dalam kulkas, istirahatkan setidaknya 15 menit. Bisa juga simpan dalam freezer, awet sampai 1 bulan.

4. Giling adonan pie, potong bulat kecil agar pas dengan loyang. Tusuk dengan garpu agar pie tidak mengembang. Sisihkan di dalam kulkas sampai siap digunakan.

5. Membuat puding: campurkan air, gula, telur, susu evaporasi, dan vanila ke dalam mangkuk. Aduk rata tanpa membuat adonan bergelembung.

6. Tuangkan puding ke atas pie yang sudah disiapkan.

7. Panggang pie selama 20-25 menit atau sampai pinggiran berwarna kecoklatan dan puding sedikit mengembang. Dinginkan 10 menit sebelum dikeluarkan dari loyang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X