Kompas.com - 25/08/2020, 20:08 WIB
Ilustrasi aneka pastry Shutterstock/FOMKIN OLEGIlustrasi aneka pastry


KOMPAS.com – Pastry adalah salah satu jenis adonan yang biasanya dibuat dari campuran tepung, lemak, dan cairan. Kata ‘pastry’ sendiri berasal dari bahasa Perancis, ‘patisseri’ yang artinya kue.

Baca juga: Resep Cheesecake Tanpa Oven, Hanya Butuh 6 Bahan

“Di dunia kuliner sendiri kata ‘pastry’ itu bisa diartikan sebagai kudapan berupa kue-kue kering yang biasa digunakan untuk teman minum kopi/teh atau berupa dessert,” jelas Lucky P. Nugraha, Pastry Chef The Jayakarta Suites Bandung ketika dihubungi Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Identik dengan sajian manis

Pastry biasanya identik dengandessert yang didominasi rasa manis. Seperti danish, croissant, napoleon cake, dan kue lainnya yang dibuat dari adonan puff pastry.

Namun pastry juga bisa termasuk sajian-sajian gurih seperti sausage brootjes, curry puff, pai daging, dan masih banyak lagi.

Penafsiran yang luas

Dahulu istilah ‘pastry’, kata Lucky, biasanya merujuk pada dessert yang punya tekstur renyah. Namun kini, istilah tersebut sudah ditafsirkan jadi lebih luas.

“Jenis-jenis pastry kebanyakan crunchy. Tapi kalau kita ditanya sebagai praktisi di bidang pastry, malah saya enggak bisa bilang ciri khas-nya crunchy,” kata Lucky.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi vean en croute atau daging yang dibungkus dengan lapisan pastry sajian khas PerancisShutterstock Ilustrasi vean en croute atau daging yang dibungkus dengan lapisan pastry sajian khas Perancis

“Karena memang istilah pastry sendiri sekarang sudah dikenal juga sebagai sebutan untuk kue-kue atau cake yang lain juga,” sambung dia.

Namun pada dasarnya adonan pastry harus ringan, berlemak, tapi cukup kuat untuk menahan bahan isiannya.

Jenis-jenis adonan pastry

Dilansir dari Masterclass, pastry biasanya dibuat dari campuran tepung, air, dan lemak. Kadang lemak yang digunakan berupa mentega, shortening, lemak, atau minyak.

Perbedaan rasio masing-masing bahan tersebut yang nantinya akan membedakan hasil akhirnya, membuat setiap jenis pastry punya karakteristik yang berbeda. Ada yang mudah hancur, sangat lembut, sedikit renyah, atau kosong di bagian tengahnya.

Berikut ini lima jenis adonan pastry yang paling umum ditemukan dan bagaimana mereka digunakan.

1. Flaky pastry

Adonan pastry yang paling sederhana. Bisa digunakan untuk pai manis atau gurih, quiche, sausage roff, dan turnover. Adonan ini sangat mudah hancur karena dibuat dengan gerakan tangan yang halus.

Ketika membuat adonan ini, mentega yang digunakan harus berukuran kecil dan tidak boleh dikerjakan terlalu keras, maka bisa membuat pastry jadi keras dan kasar.

2. Shortcrust pastry

Jenis ini lebih mudah dikerjakan daripada flaky pastry. Biasa digunakan untuk bagian dasar pada kue tart. Adonan ini punya cita rasa manis dan kuat, serta tak beda jauh dengan adonan kue shortbread.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.