Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Pastry? Kue Kering ala Perancis dengan 5 Jenis Adonan

“Di dunia kuliner sendiri kata ‘pastry’ itu bisa diartikan sebagai kudapan berupa kue-kue kering yang biasa digunakan untuk teman minum kopi/teh atau berupa dessert,” jelas Lucky P. Nugraha, Pastry Chef The Jayakarta Suites Bandung ketika dihubungi Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Identik dengan sajian manis

Pastry biasanya identik dengandessert yang didominasi rasa manis. Seperti danish, croissant, napoleon cake, dan kue lainnya yang dibuat dari adonan puff pastry.

Namun pastry juga bisa termasuk sajian-sajian gurih seperti sausage brootjes, curry puff, pai daging, dan masih banyak lagi.

Penafsiran yang luas

Dahulu istilah ‘pastry’, kata Lucky, biasanya merujuk pada dessert yang punya tekstur renyah. Namun kini, istilah tersebut sudah ditafsirkan jadi lebih luas.

“Jenis-jenis pastry kebanyakan crunchy. Tapi kalau kita ditanya sebagai praktisi di bidang pastry, malah saya enggak bisa bilang ciri khas-nya crunchy,” kata Lucky.

“Karena memang istilah pastry sendiri sekarang sudah dikenal juga sebagai sebutan untuk kue-kue atau cake yang lain juga,” sambung dia.

Namun pada dasarnya adonan pastry harus ringan, berlemak, tapi cukup kuat untuk menahan bahan isiannya.

Jenis-jenis adonan pastry

Dilansir dari Masterclass, pastry biasanya dibuat dari campuran tepung, air, dan lemak. Kadang lemak yang digunakan berupa mentega, shortening, lemak, atau minyak.

Perbedaan rasio masing-masing bahan tersebut yang nantinya akan membedakan hasil akhirnya, membuat setiap jenis pastry punya karakteristik yang berbeda. Ada yang mudah hancur, sangat lembut, sedikit renyah, atau kosong di bagian tengahnya.

Berikut ini lima jenis adonan pastry yang paling umum ditemukan dan bagaimana mereka digunakan.

1. Flaky pastry

Adonan pastry yang paling sederhana. Bisa digunakan untuk pai manis atau gurih, quiche, sausage roff, dan turnover. Adonan ini sangat mudah hancur karena dibuat dengan gerakan tangan yang halus.

Ketika membuat adonan ini, mentega yang digunakan harus berukuran kecil dan tidak boleh dikerjakan terlalu keras, maka bisa membuat pastry jadi keras dan kasar.

2. Shortcrust pastry

Jenis ini lebih mudah dikerjakan daripada flaky pastry. Biasa digunakan untuk bagian dasar pada kue tart. Adonan ini punya cita rasa manis dan kuat, serta tak beda jauh dengan adonan kue shortbread.

3. Puff pastry

Pastry jenis ini mungkin jadi yang paling sering kamu temui. Menurut Lucky, puff pastry sering jadi dasar dari banyak menu populer, yakni croissant, curry puff, vol-au-vents, cream horn, dan masih banyak lagi.

Puff pastry punya karakteristik lemak dan udara yang terjebak di antara lapisan adonan yang menghasilkan lapisan yang lembut, berlapis, dan renyah.

Pastry ini relatif sulit dan membutuhkan waktu lama pembuatannya.

4. Choux pastry

Sering juga disebut dengan pate a choux, dibuat dari tepung, air, mentega, dan telur. Teksturnya tebal dan lengket.

Adonan ini tidak menggunakan tambahan pengembang, tapi diaduk bersamaan di atas api sampai terbentuk lapisan yang tebal.

Proses ini menjebak uap di dalamnya, yang kemudian akan terlepas ketika dipanggang dalam oven, dan menghasilkan puff pastry.

Choux pastry punya bagian luar yang renyah dan bolong di bagian tengah yang biasanya diisi dengan berbagai jenis isian aneka rasa dan disajikan sebagai éclair dan profiterole.

5. Filo pastry

Jenis ini dibuat dalam bentuk lapisan yang begitu tipis dan biasa jadi casing untuk berbagai sajian manis dan gurih seperti baklava atau borek di kuliner Timur Tengah dan Balkan.

https://www.kompas.com/food/read/2020/08/25/200800575/apa-itu-pastry-kue-kering-ala-perancis-dengan-5-jenis-adonan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke