Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Masak Ubi Cilembu agar Lembut dan Getah Manisnya Keluar

Kompas.com - 10/07/2020, 15:07 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber

 

KOMPAS.com - Ubi cilembu hangat yang disantap dengan secangkir kopi, apalagi di suhu yang dingin memberi kenikmatan tersendiri.

Ubi cilembu adalah ubi yang dihasilkan dari Desa Cilembu, Sumedang, Jawa Barat. Ubi cilembu banyak dijual di destinasi wisata seperti Puncak, Bogor, atau Bandung.

Selain untuk camilan saat berkendara, ubi cilembu juga sering menjadi oleh-oleh dari destinasi wisata.  

Baca juga: Resep Donat Ubi Jalar Panggang, Ide Camilan Enak dan Mudah Dibuat

Satu di antara panjual Ubi Cilembu di Jalan Raya Cileunyi, Bandung, Jawa Barat, Eni Nuryani (35), mengatakan ada tips untuk menghasilkan ubi cilembu yang manis dan lembut.

Tipsnya sangat mudah tetapi butuh kesabaran, ubi harus dioven minimal dua jam.

Puluhan pedagang Ubi Cilembu dan Peuyeum Bandung di Jalan Raya Bandung-Cirebon khawatir segera beroperasinya Tol Cisumdawu mematikan usaha mereka, Kamis (28/2/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.comKOMPAS.com/AAM AMINULLAH Puluhan pedagang Ubi Cilembu dan Peuyeum Bandung di Jalan Raya Bandung-Cirebon khawatir segera beroperasinya Tol Cisumdawu mematikan usaha mereka, Kamis (28/2/2019). AAM AMINULLAH/KOMPAS.com

"Ubi yang sudah dioven lelehan getahnya menyerupai cairan gula yang lengket dan manis seperti madu," ujar Eni kepada Tribun Jabar.

Eni menyebutkan itu juga sebabnya ada yang menyebut ubi cilembu dengan embel-embel ubi madu. 

Baca juga: Resep Apem Gula Merah Kukus, Camilan Tradisional untuk Ngeteh Sore

Dikutip dari Toasterovenlove, ubi manis seperti ubi cilembu yang sudah dimasak dapat tahan disimpan di chiller (kulkas bawah) selama tiga sampai empat hari.

Cara menghangatkan upi panggang cilembu ini sangat mudah.

Bisa dihangatkan dengan microwave selama 1-3 menit atau dengan wajan anti lengket tanpa dioles minyak. Kamu juga bisa menaruhnya di oven untuk dipanggang sebentar saja. 

Baca juga: Resep Roti Kelapa Bakar dan Sambal Urap, Ide Menu Makan Praktis

Memasak ubi cilembu dalam porsi banyak sekali panggang lebih disarankan untuk menghemat listrik atau gas dari oven tangkring. 

 

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul, "Cara Mengolah Ubi Cilembu Agar Lembut dan Manis Saat Disantap",

https://jabar.tribunnews.com/2020/07/04/cara-mengolah-ubi-cilembu-agar-lembut-dan-manis-saat-disantap 

Penulis: Fasko dehotman
Editor: taufik ismail

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com