Keren Banget! Kopi Flores Telah Hadir di Toko dan Kafe Finlandia

Kompas.com - 21/06/2020, 14:11 WIB
Kopi robusta Flores di kedai Cafetoria Helsinki, Finlandia. ANTARA/HOKopi robusta Flores di kedai Cafetoria Helsinki, Finlandia.

KOMPAS.com - Apabila kamu sedang berada di Finlandia dan kangen kopi Nusantara, bisa mampir ke kedai kopi Cafetoria di Helsinki dan Johla dan department store Stockmann. Pasalnya, di sana tersedia biji kopi robusta Flores yang sudah disangrai.

Melansir Antaranews, Cafetoria adalah kafe dan roastery yang mengimpor biji kopi robusta Flores dan Lintong Sumatera Utara.

Baca juga: Apa Bedanya Rasa Kopi Espresso Pakai Biji Arabika dengan Robusta?

Cafetoria merupakan perusahaan kopi pertama dari Finlandia yang berada dalam keanggotaan the Speciality Coffee Association of Europe (Asosiasi Kopi Specialty Eropa).

Pada 2015, kafe tersebut juga masuk dalam daftar 10 perusahaan makanan paling menguntungkan di Helsinki.

Kehadiran biji kopi robusta Flores dalam pasar kopi specialty Finlandia menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia di sana.

Selain Flores dan Lintong Sumatera Utara, biji kopi asal Indonesia yang dapat ditemukan di Finlandia adalah Gayo Aceh dan Kintamani Bali.

Sementara itu, Finlandia dikenal sebagai peminum kopi terbesar di dunia, 12,5 kilogram/orang per tahun. 

Kopi specialty  yang biasa dijual di Finlandia adalah arabika, umumnya dari negara Afrika dan Amerika Latin. Seperti Ethiopia, Kenya, Brazil, Cuba, Colombia, dan Peru.

 

Awal mula kopi robusta Flores sampai di Finlandia

Mia Nikander, pemilik Cafetoria dan Evita Haapavaara, Ketua Nusantara ry. ANTARA/HO Mia Nikander, pemilik Cafetoria dan Evita Haapavaara, Ketua Nusantara ry.

Cafetoria dimiliki pasangan suami istri Mia Nikander asal Finlandia dengan Ivan Ore asal Peru.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X