Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ngopi dalam Bus Sambil Keliling Solo? Cobain Transbuck Bus Cafe

Kompas.com - 21/06/2020, 10:27 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Kafe dalam bus bertajuk Transbuck Bus Cafe telah rilis di Solo pada Sabtu (20/6/2020).

Baca juga: 6 Kuliner Malam Khas Solo, Cocok untuk yang Lapar Tengah Malam

Pencinta kopi yang ingin menikmati keindahan Kota Solo, bisa naik bus ini dengan harga promo Rp 50.000 per orang, seperti dilansir dari Antaranews.

Dengan ongkos tersebut, kamu akan mendapatkan minuman dan makanan ringan sekaligus jalan-jalan keliling Kota Solo selama sekitar 60 menit.

Rute keliling wisata Solo dimulai dari Garasi Mata Trans Solo Jalan Adi Sucipto 89 Solo menuju Fly Over Manahan-Jalan Slamet Riyadi-Keraton Surakarta-Pasar Kliwer-Baron-Gendengan- Fly Over Manahan ke mbali ke garasi Mata Trans.

Sementara itu, jadwal keberangkatan wisata kafe dalam bus ini dibagi menjadi 4. Di antaranya pukul 16.45 WIB, 18.30 WIB, 19.45, dan 21.00 WIB.

Transbuck Bus Cafe ini memiliki kapasitas 28 penumpang, berisi tujuh meja agar pelanggan tetap menjaga jarak dan tetap nyaman. 

Kafe dalam bus di Solo ini menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Seperti pengukuran suhu tubuh dan pemakaian hand sanitizer bagi wisatawan sebelum masuk bus.

Sementara itu, armada bus rutin disemprot cairan disinfektan dan para barista serta juru masak pun memakai masker, face shield, dan sarung tangan.

Inisiatif perusahaan bus pariwisata dengan kafe

Transbuck Bus Cafe adalah kafe dalam bus inisiatif perusahaan bus pariwisata, Mata Trans Solo, dengan sebuah kafe bernama Rocketz Live Coffee.

Menurut Direktur Mata Trans Solo Sukamdi, Transbuck Bus Cafe tersebut merupakan terobosan terbaru dan pertama di Kota Solo yang menggabungkan bus besar dan kafe.

"Kami yang bergerak di bidang transportasi dan Rocketz Live Coffee yang bergerak di bidang usaha food & beverage berkolaborasi untuk memanjakan para penumpang atau wisatawan menikmati minuman kopi sambil berkeliling di Kota Solo," kata Sukamdi mengutip Antaranews, Minggu (21/6/2020).

Sukamdi mengatakan, ide Transbuck Bus Cafe berawal dari para pelaku usaha wisata yang terhenti kegiatannya di seluruh wilayah karena dampak dari pandemi Covid-19.

Pihaknya bersama Rocketz Live Coffee melakukan inovasi dengan membentuk pengalaman ngopi sembari keliling wisata Solo naik bus.

"Minum kopi ada dua filosofi antara rasa dengan nuansa. Jika orang minum kopi dapat memunculkan suatu pemikiran yang cernih dan inovasi yang cemerlang. Saya mengambil nuansanya yakni pariwisata sambil melihat Kota Solo dengan menikmati kopi," lanjut Sukamdi.

Menurut dia, kumpulan anak muda yang membentuk kafe bus ini dapat memunculkan pemikiran cemerlang menghadapi masa depan.

Bahkan, hal ini pun diharapkan dapat menggairahkan kembali pariwisata di Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com