Kompas.com - 21/06/2020, 11:57 WIB
Sate kere buatan Mbak Tugiyem di Solo, Jawa Tengah. Sate ini merupakan kegemaran Presiden RI, Joko Widodo. KOMPAS.com/ Lulu Cinantya MahendraSate kere buatan Mbak Tugiyem di Solo, Jawa Tengah. Sate ini merupakan kegemaran Presiden RI, Joko Widodo.

KOMPAs.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ulang tahun pada hari ini (21/6/2020), usianya kini 59 tahun. Jokowi lahir di Solo, Jawa Tengah pada 21 Juni 1961.

Seperti diketahui Kota Solo punya beragam kuliner khas yang patut dicoba. Rupanya setidaknya 8 di antaranya merupakan tempat kuliner langganan Jokowi.

Baca juga: 6 Kuliner Malam Khas Solo, Cocok untuk yang Lapar Tengah Malam

Berikut delapan tempat makan di Solo, yang juga bisa kamu datangi. Sebagai catatan, harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu.

Apabila makan di tempat tetap patuhi protokol kesehatan dan atau bungkus saja untuk makan di rumah.

1. Ayam Goreng Mbah Karto

Menu favorit Presiden Joko Widodo di RM Ayam Goreng Mbah Karto, ayam goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam). KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA Menu favorit Presiden Joko Widodo di RM Ayam Goreng Mbah Karto, ayam goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam).

Ayam Goreng Mbah Karto menyajikan ayam kampung dimasak dengan bumbu bacem, bawang putih, dan rempah, lalu diungkep di atas api kayu bakar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu porsi ayam kampung goreng berisi nasi putih, sayur urap, lalapan, dan sambal.

Selain aneka ayam, tersedia juga banyak pilihan sambal. Seperti sambal blondho, sambal bawang, dan banyak lainnya.

Sambal blondho sendiri terbuat dari ampas minyak dari endapan santan kental atau areh yang matang, kemudian dicampur sambal bawang.

Seporsi ayam potongan dada atau paha plus nasi putih dijual seharga Rp 21.000, dengan rincian harga nasi Rp 6.000 dan Ayam Rp 15.000.

Tempat kuliner ini berlokasi di Jaksa Agung R Suprapto Nomor 8, Sukoharjo atau lebih kurang 1 kilometer dari Kota Solo.

2. Gudeg Mbak Yus

Ciri khas Gudeg Mbak Yus adalah adanya campuran tahu goreng yang dipotong tipis seperti karak (kerupuk yang berasal dari beras, khas Kota Solo) dan dimasak bersama kuah opor.

Hidangan andalan lain di Gudeg Mbak Yus adalah gudeg ceker yang bisa disajikan dengan nasi atau bubur. Kamu bisa pilih ceker pedas atau manis.

Bubur gudeg komplet dengan lauk opor ayam bagian paha atas adalah hidangan favorit Jokowi.

Mbak Yus menawarkan menu yang terdiri dari nasi gudeg, bubur gudeg, dan ketan susu. Pilihan pendamping gudegnya beragam seperti telur, uritan, ayam dan ati ampela.

Untuk nasi gudeg komplet paha atas juga harganya Rp 37.000. Cakar Manis dan Cakar Pedas djual Rp 33.000.

Gudeg Mbak Yu terletak di Jalan RA Kartini No.12, Kec. Banjarsari, Kota Solo.

3. Rumah Makan Adem Ayem

Rumah Makan Adem Ayem punya menu unggulan nasi gudeg Adem Ayem yang berisi nasi, gudeg, sambal goreng, ayam opor, dan telur opor. Tersedia juga ayam goreng, timlo, rawon, soto.

Sementara itu, menu favorit Jokowi adalah nasi gudeg, timlo, dan bakmi goreng. Rumah Makan Adem Ayem berlokasi di Jl. Slamert Riyadi, Solo yang sudah ada sejak 1969.

4. Sate Kere Mbak Tug

Sate kere atau disebut juga sate miskin, dulu dibikin untuk orang tak berpunya. Namun, kini bisa dinikmati oleh siapa saja.

Sate kere berisi jeroan sapi, di antaranya jantung, paru (bagian paru-paru), lambung, usus, dan tempe.

Kamu dapat menemukan hidangan ini di Sate Kere Mbak Tug yang berada di kampung halaman Jokowi.

Tugiem pemiliki Sate Kere Mbak Tug mengatakan bahwa Jokowi sering menyantap babat dan tetelan (sisa daging yang melekat pada tulang).

Sate Kere Mbak Tug berlokasi di Jalan Arifin 63, Jebres, Kota Solo. Buka dari pukul 13.00, biasanya pukul 16.00 WIB sudah habis. Satu porsi harganya Rp 30.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X