Resep Kroket Nasi, Ide Buat Menu Sarapan

Kompas.com - 21/06/2020, 07:07 WIB
Ilustrasi menggoreng kroket. Kroket biasanya berbahan dasar kentang, tetapi nasi sisa juga bisa dijadikan camilan satu ini. SHUTTERSTOCK/KAZOKAIlustrasi menggoreng kroket. Kroket biasanya berbahan dasar kentang, tetapi nasi sisa juga bisa dijadikan camilan satu ini.

KOMPAS.com - Sarapan menjadi salah satu langkah sebelum memulai aktivitas. Tak perlu menu rumit, kamu bisa bikin makanan sederhana tetapi tetap memberikan energi.

Baca juga: Kerja dari Kantor Dianjurkan Bawa Bekal? Ini 5 Resep Bekal dengan Nasi

Coba membuat kroket nasi dengan memanfaatkan bahan yang ada di dapur, seperti nasi dan atau lauk sisa. Cara membuatnya pun tergolong cepat, jadi tidak menghabiskan waktumu.

Kalau punya sayur semalam pun dapat dijadikan bahan tambahan kroket nasi, misalnya rawon. Cukup manfaatkan daging pada rawon tersebut, tanpa kuah rawon.

Namun, kali ini kita bikin dulu kroket nasi sederhana dengan tambahan tempe oleh Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto.

ilustrasi kroketUlie Sebayang / shutterstock ilustrasi kroket

Resep kroket nasi

Bahan

  • Bawang putih 1 siung
  • Cabai rawit 3 biji ( tergantung selera)
  • Kencur 1 cm
  • Daun jeruk 3 lembar
  • Tempe 150 gram
  • Nasi putih 400 gram
  • 1 butir telur
  • Tepung roti 100 gram
  • Garam secukupnya

Cara membuat kroket nasi

1. Ulek bawang putih, cabai rawit, kencur, dan daun jeruk.

2. Ulek kasar tempe, tambahkan bumbu halus. Beri garam secukupnya.

3. Campurkan nasi dengan tempe atau jadikan sambal tempe sebagai isian dalam nasi. Pilih sesuai selera.

4. Bentuk nasi kroket sesuai keinginan, misalnya bulat, segitiga, dan atau lonjong. Lumuri kroket dengan telur kocok dan tepung panir.

5. Goreng kroket nasi dengan api besar sampai setengah matang. Turunkan api jadi sedang, goreng sampai berwarna coklat keemasan.

Setelah matang, kroket nasi pun siap dihidangkan untuk sarapan. Dapat disandingkan dengan saus tomat maupun saus sambal.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X