Kompas.com - 09/06/2020, 18:45 WIB
ILUSTRASI - Rendang Shutterstock/Ariyani TedjoILUSTRASI - Rendang

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap restoran Padang memiliki sajian andalan masing-masing. Mereka menyajikan beragam lauk yang rasanya ingin kita pesan semua.

Baca juga: 17 Restoran Padang di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Pencinta makanan Minang di restoran Padang, setidaknya wajib menjajal 10 sajian favorit berikut. Mulai dari rendang sampai asam pedeh.

1. Rendang

Menurut generasi kedua pemilik RM Surya, Daswir Gazali, rendang menjadi sajian yang paling sering dipesan. Rendang memiliki rasa rempah yang. Rendang dimasak dalam waktu lama, bisa 8-10 jam.

Hal itu bertujuan agar semua rempah, bumbu, dan santan merasuk sampai ke bagian terdalam potongan daging.

Baca juga: Cara Memasak Rendang yang Empuk tetapi Daging Tidak Hancur

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara memasak daging rendang agar empuk tapi tetap utuh ini banyak dipraktikkan oleh rumah makan khas Padang. Setiap rumah makan Padang memiliki resep dan rasa rendang yang berbeda-beda.

Ada yang menonjolkan rasa pedas atau manis, dan ada yang menonjolkan rasa pedas di bagian daging atau bagian bumbunya. Rendang nikmat disajikan dengan daun singkong rebus dan sambal hijau.

2. Gulai Kepala Kakap

Menu andalan Kedai Nasi Pauh Piaman. Menggunakan ikan laut yang asli diambil langsung dari PadangKOMPAS.COM/YOSIA MARGARETTA Menu andalan Kedai Nasi Pauh Piaman. Menggunakan ikan laut yang asli diambil langsung dari Padang

Gulai kepala ikan kakap, sajian mewah dan juga menjadi andalan bagi banyak restoran Padang. Namun sebenarnya bukan hanya gulai kepala kakap, kamu juga bisa menikmati beragam gulai lainnya.

Baca juga: Apa Bedanya Rumah Makan Padang, Nasi Kapau, dengan Ampera?

Gulai yang dimaksud seperti gulai cincang kambing, gulai ayam, gulai tunjang, gulai ati ampela, dan masih banyak lagi.

Gulai sangat nikmat disantap dengan bumbu rendang, sehingga muncul rasa gurih dan pedas. Kuah gulai juga bisa disiramkan pada nasi dengan rendang.

3. Balado

Balado juga biasanya menjadi sajian wajib di rumah makan Padang.

Balado adalah sebuah teknik masak asal Minang dengan cara menumis cabai giling dan bumbu lain seperti bawang merah, bawang putih, dan perasan jeruk nipis.

Baca juga: Resep Pizza Teflon Simple, Bisa Dibikin Bareng Anak

Sajian dendeng balado, terong balado, telur balado, udang balado, dan masih banyak lagi merupakan lauk yang dimasak balado. Rasanya? Pasti pedas, gurih, dan asin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X