Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2020, 20:20 WIB
Yana Gabriella Wijaya,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamu penggemar makanan Padang? Pasti tidak asing dengan tujuh restoran padang yang ada di Jakarta ini.

Dari konsep tradisional hingga modern, restoran di bawah ini menyajikan makanan Padang dengan cita rasa otentik.

Baca juga: Dilarang Sajikan Prasmanan, Rumah Makan Padang di Jakarta Atur Siasat

Namun, dalam masa pandemi seperti ini, ada baiknya bungkus nasi Padang dan makan di rumah saja.

Jika kamu mencari referensi rumah makan Padang yang nikmat bisa mampir ke 17 Rumah Makan Padang di Jakarta berikut.

1. RM Surya

Rumah makan yang terkenal terletak di Kawasan Bendungan Hilir ini berdiri sejak 1960.

Rumah Makan Surya menyajiakan sajian khas Padang seperti rendang, ayam pop, gulai, soto Padang, nasi goreng Padang, mi goreng Padang, martabak telur dan lain-lain.

Baca juga: 7 Makanan Indonesia yang Awet, Ada Rendang dan Sambal Roa

RM Surya punya banyak pelanggan setia, bahkan tak jarang wisatawan mancanegara berkunjung ke rumah makan ini.

Mendiang koki dan presenter kuliner kenamaan Anthony Bourdain saat berkunjung ke Indonesia pada April 2018 menyempatkan diri singgah ke RM Surya.

RM Surya menjadi tempar perhentian terakhir Anthony Bourdain bertualang kuliner di Indonesia sebelum ia meninggal pada Juni 2018.

Bukan hanya dari kalangan wisatawan mancanegara, pada usia yang ke 60 tahun, RM Surya bukan lagi terkenal di kalangan para perantau dari Minang.

Restoran ini menjadi tempat pelepas rindu para perantauan dari Padang yang kangen makanan rumah.

2. RM Sari Bundo

Ayam Goreng yang digoreng garing garing dan sambel pete hidangan dari RM Sari Bundo, hidangan ini menjadi santapan yang digemari oleh Alm. BJ HabibieKOMPAScom / Gabriella Wijaya Ayam Goreng yang digoreng garing garing dan sambel pete hidangan dari RM Sari Bundo, hidangan ini menjadi santapan yang digemari oleh Alm. BJ Habibie

RM Sari Bundo merupakan rumah makan yang menjadi tempat kegemaran Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie menyantap ayam goreng semasa hidupnya. Selain Alm. BJ Habibie, para petinggi negara seperti Susilo Bambang Yudhoyono juga pernah singgah.

Baca juga: RM Sari Bundo, Rumah Makan Padang Favorit Para Presiden termasuk BJ Habibie

Ayam goreng dari RM Sari Bundo memang beda. Digoreng sangat garing hingga bagian luarnya sangat renyah, tapi bagian dalamnya masih empuk dan berserat, karena ayam yang digunakan adalah ayam kampung.

Ayam goreng ini cocok disantap dengan sambal goreng khas RM Sari Bundo pula. Keunikan dari sambel goreng ini adalah terdapat potongan leher ayam yang di goreng hingga garing dan renyah.

Di samping itu ada juga pete yang memiliki tekstur sedikit keras sehingga ketika dikunyah menghadirkan sensasi renyah tersendiri. Terakhir terdapat rempela dan ati yang digoreng.

Selain ayam goreng dan sambal goreng, RM Sari Bundo juga menyediakan sajian khas Padang seperti rendang, ayam pop, gulai cumi, dendeng balado, dan masih banyak lagi.

3. Padang Merdeka

Roti rendang salah satu hidangan di Padang MerdekaKompas.com / Gabriella Wijaya Roti rendang salah satu hidangan di Padang Merdeka

Rumah makan satu ini merupakan restoran Padang yang mengusung konsep modern.

Dekor rumah makannya terbilang seperti kafe kekinian yang instagramable, tapi untuk sajiannya, restoran ini menghidangkan makanan khas Padang dengan cita rasa otentik.

Jika kemari kamu bisa mencoba sajian ayam gorengnya. Sekilas, ayam goreng Padang Merdeka tak jauh beda dengan yang lain.

Bagian ayam seperti paha dan dada digoreng dengan bumbu khusus dan tak lupa disajikan lengkap dengan kremesnya.

Baca juga: 6 Makanan yang Wajib Dicoba di Padang Merdeka

Lalu ada telur garing. Telur garing merupakan telur dadar yang di dalamnya terdapat adonan tepung, telur, dan daun bawang.

Telur digoreng garing hingga bagian pinggir telur dadar terasa sangat renyah dan warnanya sampai emas kecokelatan.

Uniknya restoran ini memiliki kudapan roti bakar rendang. Roti bakar isi bumbu rendang ini terasa pedas dan gurih. Cita rasa khas rendang itu bercampur dengan manis dan gurihnya roti gandum.

4. RM Pagi Sore

Tak seperti rendang di restoran Padang pada umumnya yang berwarna merah. Di RM Pagi Sore, rendangnya berwarna coklat tua.KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Tak seperti rendang di restoran Padang pada umumnya yang berwarna merah. Di RM Pagi Sore, rendangnya berwarna coklat tua.

Rendang dari rumah makan ini jangan diragukan, RM Pagi Sore dengan berani memberi tagline "Jagonya Rendang". Di rumah makan ini, olahan rendang tak hanya dari daging sapi tetapi juga daging ayam.

Baca juga: Resep Rendang Praktis ala Hotel untuk Lauk Makan Ketupat Lebaran

Restoran ini berdiri sejak 1973 dan masih setia mempertahankan tradisi dan cita rasa asli minang untuk olahan rendangnya.

Tekstur rendang dari RM Pagi Sore sangat empuk, kamu pun tidak perlu mengunyahnya dengan banyak tenaga.

Rahasianya ada pada lama memasak rendang yang butuh waktu delapan jam. Cita rasa rendang di RM Pagi Sore gurih, pedas, dan sedikit manis.

5. RM Simay

ILUSTRASI - RendangShutterstock/Ariyani Tedjo ILUSTRASI - Rendang

Jika mencari rendang di Jakarta, datangkah ke RM Simay milik Hj Meyyulis. Pada 2011 lalu Bu May menjadi Juara 1 Festival Masakan Khas Minang yang digelar UPTD Anjungan Sumbar TMII.

Perempuan yang akrab disapa Bu May ini mulai merintis usaha makanan Minang pada 1980-1981 di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Rendang merupakan sajian yang terbilang sulit dibuat, tapi rendang di RM Simay memiliki tekstur yang tak hancur dan bumbu meresap sempurna.

Baca juga: Cara Memasak Rendang yang Empuk tetapi Daging Tidak Hancur

Rendang buatan Bu May punya ciri khas tersendiri, yakni menggunakan daging 'kelapa' pada sapi. 'Kelapa' merupakan bagian daging sapi yang berasal dari paha belakang bagian atas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com