Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akademisi UMM Beberkan Pentingnya Informasi pada Kemasan Produk

Kompas.com - 17/09/2023, 15:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Di pasaran saat ini ada banyak produk makanan olahan. Selain itu, ada banyak pula yang mengandung bahan pengawet.

Tetapi, di kemasan produk selau ditampilan informasi terkait keamanan atau tanggal kadaluwarsanya. Jadi, konsumen harus lebih cerdas dalam memilih produk sebelum dikonsumsi.

Dahlia Elianarni S.TP., M.Sc., selaku dosen Ilmu Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan penjelasan mengenai informasi di kemasan produk.

"Produsen memang memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya dan sesuai," ujarnya dilansir dari laman UMM, Kamis (14/9/2023).

Baca juga: Dosen FK UMM Beberkan Langkah P3K untuk Minimalisasi Risiko

Ia menjelaskan, konsumen harus paham tentang kandungan atau informasi tanggal kadaluawarsa. Ini menyangkut kualitas dari suatu produk.

"Tanggal kadaluwarsa pada produk makanan dapat diwakili dengan berbagai istilah dan format tergantung pada jenis produk dan wilayah," terangnya.

Ada beberapa macam format tanggal kadaluwarsa. Pertama ialah tanggal kadaluwarsa atau expiration date.

Ini adalah tanggal yang menandakan batas waktu terakhir produk bisa digunakan atau dikonsumsi. Setelah tanggal ini, produk dianggap tidak lagi aman atau berkualitas.

Kemudian ada tanggal penggunaan terakhir (last use date) format ini biasanya digunakan untuk produk-produk yang mudah rusak, seperti produk susu segar, daging, dan produk segar lainnya. Ini mengindikasikan hari terakhir produk sebaiknya digunakan.

Adapun tanggal "best before" (terbaik sebelum tanggal) umumnya ditemukan pada produk makanan kering dan tahan lama.

Baca juga: Buah Jatuh Tidak Jauh dari Pohonnya, Peribahasa Cocok bagi Mahasiswi UMM Ini

Ini menunjukkan periode di mana produk diharapkan tetap dalam kondisi terbaik dalam hal rasa, aroma, dan tekstur. Namun, produk masih dapat aman dikonsumsi setelah tanggal ini.

Sedang yang kerap dijumpai pula adalah tanggal ‘use by’ (gunakan sebelum tanggal.red) yang mirip dengan ‘best before’.

"Tanggal ini menunjukkan tanggal di mana produk dianggap paling baik dalam hal kualitas dan keamanan. Setelah tanggal ini, produk mungkin mulai kehilangan kualitasnya atau menjadi kurang aman untuk dikonsumsi," jelasnya.

Untuk informasi komposisi pada kemasan suatu produk menjadi panduan berharga bagi konsumen.

Dengan mengetahui jumlah kalori, lemak, karbohidrat, protein, dan vitamin dalam suatu produk, konsumen dapat mengatur pola makan mereka sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ini bisa mengurangi risiko obesitas dan masalah kesehatan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com