Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Unair Beri Tips Batasi Konsumsi Gula Saat Lebaran

Kompas.com - 11/04/2024, 13:34 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri identik dengan tersedianya makanan khas termasuk yang banyak mengandung gula seperti kue dan minuman serba manis.

Dosen Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) Lailatul Muniroh mengingatkan makanan yang manis atau banyak mengandung gula akan memicu penambahan berat badan.

Sebab, kata dia, makanan manis cenderung berkalori tinggi tetapi tidak mengenyangkan perut. Sehingga akan terasa tidak cukup jika hanya mengkonsumsi sedikit.

"Karena kandungan gulanya tinggi, maka kalorinya juga tinggi namun tidak mengenyangkan, sehingga orang akan makan lagi dan lagi. Kalau konsumsinya berlebihan akan menyebabkan kenaikan berat badan," kata Laila dikutip dari laman resmi Unair, Kamis (11/4/2024).

Baca juga: Dosen Unair Ungkap Bahaya Kenaikan Berat Badan Setelah Lebaran

Tips jaga asupan gula saat Lebaran

Menurut Laila, kenaikan berat badan yang tidak terkontrol ini akan menyebabkan terjadinya kelebihan berat badan atau overweight bahkan obesitas.

Apabila seseorang telah mengalami obesitas, lanjut Laila, maka risiko untuk mengalami masalah kesehatan semakin besar.

"Kalau sudah sampai tahap obesitas, akan menjadi faktor risiko masalah kesehatan berupa penyakit degeneratif. Misalnya diabetes, hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan lainnya," ujarnya.

Laila pun berpesan agar masyarakat tetap mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi saat lebaran agar terhindar dari bahaya obesitas.

Meski Lebaran merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat Islam tapi pola hidup sehat harus selalu berjalan salah satunya mengontrol konsumsi hidangan lebaran dengan bijak.

"Jangan lupa dengan risiko kenaikan berat badan dan penyakit degeneratif yang mengintai. Kalau pola hidup sehatnya terlupakan saat Lebaran maka semakin besar risiko buruk yang mengintai," ungkapnya.

Baca juga: Cek Biaya Uang Pangkal Jurusan Kedokteran di UB, ITS dan Unair

Apabila ingin mengontrol konsumsi gula, Laila menyarankan agar asupan gula dibuat aman bagi tubuh dengan hanya mengonsumsi 4 sampai 5 sendok makan per hari atau sejutar 50 gram.

Alternatif lain yang dapat menjadi pilihan pengganti gula adalah dengan menggunakan buah sebagai hidangan minuman saat Lebaran.

"Rasa manis dari gula bisa diganti menggunakan buah-buahan. Kalau menghidangkan minuman kita bisa menyediakan jus buah tanpa tambahan gula. Meskipun rasanya tidak begitu manis tapi jadi lebih sehat," Laila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com