Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Nasional Kebakaran, Koleksi yang Terdampak adalah Replika

Kompas.com - 17/09/2023, 10:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi di Museum Nasional Indonesia (MNI) pada Sabtu (16/9/2023) malam, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim langsung melakukan peninjauan.

Dari tiga gedung museum, gedung yang terbakar ialah gedung A dan api berhasil dipadamkan pada pukul 22.40 WIB.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Saat ini, prioritas utama kami adalah upaya perlindungan maksimal terhadap artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum," ujar Nadiem dalam keterangan tertulisnya.

Pasca Museum Nasional kebakaran, tim investigasi internal langsung dikerahkan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta agar segera melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan.

Baca juga: Museum dan Galeri IPB Future Ternyata Punya Arti Seperti Ini

Menurut Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra, ada 6 ruangan di Gedung A yang terdampak, sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan pamer gedung B dan C sama sekali tidak terdampak.

"Api tidak menyebar. Sebagian koleksi yang terdampak adalah replika, seperti di bagian prasejarah. Sisanya dipastikan dalam keadaan aman. Kami secara intensif terus melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut," ungkap dia.

Ia juga menjelaskan bahwa koleksi hasil repatriasi dari Belanda dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran.

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," tutur Mahendra.

Sedangkan upaya pencegahan tambahan, MNI untuk sementara ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Sementara terkait tiket yang telah dibeli masyarakat, Mahendra menjelaskan bahwa ini situasi force majeur (keadaan kahar).

"Karena keadaan kahar ini, tiket yang telah dibeli akan dikembalikan. Informasi lebih lanjut mengenai proses pengembalian dana akan disampaikan segera setelah kami memiliki panduan yang lebih jelas," jelas Mahendra.

Tentunya ia meminta pengertian dari masyarakat akan adanya musibah tersebut. Sebab, tujuan utamanya ialah memastikan keselamatan dan keamanan bagi pengunjung.

Sesuai instruksi Mendikbud Ristek malam hari yakni Sabtu (16/9/2023), BLU MCB telah membentuk tim khusus yang bertanggung jawab merawat dan mengamankan benda-benda sejarah dan budaya yang terdampak karena Museum Nasional kebakaran.

Baca juga: Kunjungi Muspusdirla, Siswa Dikmapa TNI Diharapkan Isi Kemerdekaan dengan Berprestasi

"Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya," tandas Mahendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com