Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prof. Komarudin Usung 7 Pilar Akselerasi UNJ Bereputasi Dunia

Kompas.com - 04/07/2023, 14:03 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Prof. Komarudin, Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) terpilih kembali sebagai calon Rektor UNJ periode 2023 – 2027 melalui rapat pleno tertutup Senat UNJ pada 13 Juni 2023 lalu.

Prof. Komarudin mengusung "7 pilar Akselerasi UNJ Bereputasi Dunia" sebagai program kerja dalam pencalonan Rektor UNJ Periode 2023 – 2027.

Melalui rilis resmi (4/7/2023), Prof. Komarudin menjelaskan, program kerja ini didasarkan dari persiapan transisi perubahan status UNJ dari PTN-BLU (Badan Layanan Umum) ke PTN-BH (Badan Hukum) pada 2023 ini dan RPJP (Rencana Pembangunan Jangka Panjang) UNJ 2020–2045.

"Pada RPJP UNJ ini diamanahkan setelah UNJ berstatus mandiri dengan ditandai menjadi PTN-BH, maka tahapan berikutnya UNJ unggul diantara LPTK hingga 2045 mencapai reputasi dunia," ungkap Prof. Komarudin.

"RPJP UNJ 2020–2045 ini adalah amanah Permen Ristekdikti Nomor 42 Tahun 2018 tentang Statuta UNJ, terutama pasal 29 yang menyatakan bahwa untuk mencapai visi, misi, dan tujuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24, Pasal 25, dan Pasal 26," jelasnya.

Ia meyakini, kepemimpinan ke depan harus berkelanjutan dan seirama dengan amanah RPJP, jangan sampai berbeda.

"Kalau berbeda nantinya jadi tidak tercapai visi–misi besar UNJ ini. Dengan demikian, program kerja saya tidak lepas dari amanah RPJP UNJ agar tahapan pencapaian UNJ terukur dan terstruktur, agar UNJ dapat mencapai visi sebagaimana telah ditetapkan pada Statuta UNJ dan juga berkaitan dengan program dari Kementerian," tegas Prof. Komarudin.

Guru Besar bidang Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ini juga meyakini, terpilihnya kembali dirinya sebagai calon Rektor UNJ akan mampu membawa visi dan misi keberlanjutan dalam persiapan transisi UNJ dari PTN-BLU menjadi PTN-BH.

Sekaligus mewujudkan amanah RPJP UNJ untuk mencapai World Class University (WCU) dalam program kerja yang diusungnya.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: Pemilihan Rektor UNS 2023-2028 Akan Diulang

7 Pilar Akselerasi

Prof. Komarudin menjelaskan 7 pilar Akselerasi UNJ Bereputasi Dunia yang mengangkat tagline “Great Reputation to Enlighten the Nation and the Globe” ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com