Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prof. Suharnomo Terpilih Jadi Rektor Undip Periode 2024-2029

Kompas.com - 22/06/2023, 10:25 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Prof. Suharnomo terpilih menjadi Rektor Universitas Diponegoro (Undip) periode 2024-2029.

Hasil pilihan itu berdasarkan dari penjaringan 4 bakal calon rektor Undip.

Baca juga: 10 SMA Jakarta yang Masuk Daftar Sekolah Terbaik Se-Indonesia

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Diponegoro (Undip), Prof. Mohamad Nasir mengaku, proses pemilihan Rektor Undip periode 2024-2029 telah dimulai dari Januari 2023.

Itu diawali dengan penjaringan 4 bakal calon rektor yang mendaftar, yakni Prof. Mochamad Agung Wibowo (Fakultas Teknik), Prof. Suharnomo (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Prof. Muhamad Thohar Arifin (Fakultas Kedokteran), dan Prof. Budi Setiyono (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Setelah itu, kata dia, proses pemilihan rektor dilanjutkan dengan tahap penyaringan yang dilaksanakan pada bulan Juni 2023 tepatnya pada 8 Juni 2023.

Pada tahap penyaringan ini dilakukan acara pemaparan program kerja Bakal Calon Rektor.

"Berdasarkan usulan daftar hasil penilaian oleh panelis yang disampaikan kepada Panitia Pemilihan Rektor diperoleh 3 calon rektor dengan urutan nilai tertinggi dimulai dari Prof. Suharnomo, Prof. Mochamad Agung Wibowo, dan Prof. Muhamad Thohar Arifin," ucap Prof. Nasir mengutip laman Undip, Kamis (22/6/2023).

Memasuki tahap pemilihan dan penetapan calon rektor, Majelis Wali Amanat Undip mengadakan acara Debat Calon Rektor Undip Tahun 2024-2029.

Debat calon Rektor ini sifatnya terbuka, sehingga sivitas akademika dapat mengaksesnya melalui streaming YouTube Undip TV Official maupun menyaksikan langsung melalui layar yang sudah disiapkan di Gedung Prof. Soedarto.

"Siapapun yang terpilih, semoga dapat memajukan Undip periode tahun 2024-2029," kata Prof. Nasir.

Dalam Debat Calon Rektor tersebut Prof. Suharnomo menuturkan pencapaian Indikator Kinerja Utama 1 Undip yang sangat membanggakan adalah tracer study dan alumni banyak bekerja di perusahaan multinasional.

Baca juga: 10 Prodi Terketat pada Ajang UTBK SNBT 2023

Prof. Agung menyampaikan misi "Go Global, Good Governance". Go Global adalah prestasi Undip di level internasional sedangkan Good Governance adalah tata kelola transparan dan akuntabel.

Selain itu juga dalam pengelolaan kampus menjunjung tinggi integritas dan kejujuran. Serta menciptakan zona reformasi birokrasi bebas korupsi (ZI WBK).

Sedangkan Prof. Thohar mengatakan Undip memiliki tanggung jawab untuk memantapkan World Class University, melalui matching fund, research, dan lain-lain.

Perlunya mengatur database karena hal tersebut penting untuk sebuah universitas, baik pengetahuan, penelitian yang real time dan terintegrasi. Serta perlunya peningkatan pemeringkatan.

Di tahap pemilihan dan penetapan calon rektor, Prof. Suharnomo berhasil meraih 14 suara, Prof. Mochamad Agung Wibowo meraih 9 suara, dan Prof. Thohar meraih nol suara.

Baca juga: Jalur Mandiri UB 2023 Dibuka, Bisa Pakai Nilai Rapor dan UTBK 2023

Sehingga MWA Undip menetapkan Rektor Terpilih Undip untuk masa jabatan 2024-2029 adalah Prof. Suharnomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com