Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor Tegaskan Oknum Tak Bisa Masukkan Calon Mahasiswa ke Untirta

Kompas.com - 04/07/2023, 09:03 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) 2023 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada Senin (3/7/2023) berjalan lancar.

Pelaksanaan itu dilakukan di dua kampus milik Untirta, yakni Sindangsari dan Pakupatan.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

Sebanyak 509 dari 600 peserta yang terdaftar hadir mengikuti ujian yang terbagi ke dalam dua sesi, yakni pagi hari pukul 07.00 WIB dan siang hari pukul 13.00 WIB.

Rektor Untirta, Prof. Fatah Sulaiman menekankan kepada masyarakat untuk tidak tergiur dengan oknum yang menjanjikan peserta pasti masuk Untirta.

Dia memastikan SMMPTN Barat 2023 merupakan kompetisi yang bersih berdasarkan kompetensi peserta.

"Masyarakat jangan sampai terprovokasi oleh oknum-oknum yang menjanjikan bisa otomatis masuk. Saya pastikan itu tidak ada. Murni ini seleksi sesuai dengan hasil perjuangan para peserta tes," kata dia mengutip laman Untirta.

Menyikapi ketatnya persaingan masuk perguruan tinggi impian, Fatah berpesan kepada para peserta SMMPTN Barat 2023 untuk mempersiapkan diri secara maksimal.

"Persiapkan secara maksimal persiapan tes. Tak lupa juga berdoa karena ini murni kompetisi secara ketat," tegas dia..

Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Untirta, Agus Sjafari mengimbau peserta SMMPTN Barat 2023 untuk menjaga kesehatan.

"Kami mengimbau peserta untuk fokus dalam mengerjakan soal dan tetap menjaga kesehatan. Semoga sampai dengan selesai berjalan lancar," tegas dia.

Baca juga: Kuliah Bersusah Payah, tetapi Mahasiswa UB Ini Lulus dengan IPK 3,94

Persiapan peserta sebelum mengikuti ujian SMMPTN Barat 2023

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau (Unri), Dr. Mexsasai Indra telah mengatakan, bagi peserta SMMPTN Barat 2023 untuk mempersiapkan perlengkapan sebelum menjalani ujian.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu dipersiapkan. Pertama, kartu tanda peserta UTBK SMMPTN Barat 2023.

Baca juga: 7 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia, Ada Binus hingga UMY

 

Kedua, fotokopi ijazah yang berlegalisir atau surat keterangan kelas 12 asli yang telah ditandatangani kepala sekolah dan tercantum nama, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto tiga bulan terakhir.

Ketiga, identitas diri seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com