Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UM Surabaya Beri 5 Tips Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging

Kompas.com - 02/07/2023, 14:51 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kolesterol merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan menjadi salah satu menjadi sumber energi bagi tubuh.

Namun, apabila kadar kolesterol yang dikonsumsi berlebihan, maka bisa menyebabkan masalah bagi tubuh, seperti hipertensi dan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Kuliah Bersusah Payah, tetapi Mahasiswa UB Ini Lulus dengan IPK 3,94

Daging sapi dan daging kambing menjadi sumber makanan yang banyak menyumbang kolesterol.

Terlebih saat ini masyarakat muslim sedang merayakan hari raya Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Oleh karena itu perlu diperhatikan terutama bagi mereka yang punya riwayat hipertensi dan penyakit jantung, agar tidak konsumsi daging berlebihan.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Firman menjelaskan, ketika jumlah kadar kolesterol total dalam darah tinggi > 200 mg/dl, maka lama-lama akan mengendap di pembuluh darah sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

"Akibatnya aliran darah ke seluruh tubuh akan terhamba, sehingga jantung akan bekerja lebih keras agar darah bisa mengalir dengan baik, di sinilah awal mula terjadinya hipertensi hingga timbuh penyakit jantung," kata dia dalam keterangannya, Minggu (2/7/2023).

Untuk itu agar tubuh tetap sehat, berikut beberapa cara yang perlu dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol setelah konsumsi daging maupun makanan lainnya yang banyak mengandung kolesterol.

Pertama, lakukan olahraga secara rutin 3-5 kali dalam seminggu.

Olahraga atau aktivitas fisik yang dianjurkan merupakan program latihan selama 30 menit.

Aktivitas fisik dengan intensitas sedang ini bisa menurunkan kalori sebanyak 4-7 kkal/menit.

Kegiatan olahraga yang disarankan, seperti jalan cepat, berlari, bersepeda, berenang atau aktivitas lainnya sesuai kemampuan dan kondisi masing-masing individu.

Namun juga sebaliknya sangat tidak disarankan jika melakukan aktivitas terlalu berat secara berlebihan, karena justru bisa menyebabkan payah jantung.

Baca juga: 4 Kampus Dunia yang Ramah Mahasiswa Muslim

Kedua, konsumsi makanan berserat tinggi.

Makanan berserat tinggi dapat menurunkan kolesterol, di antaranya biji-bijian, roti gandum, kacang polong, sayuran berdaun hijau gelap, dan kedelai yang mengandung isoflavon dan fitoestrogen yang bermanfaat untuk mencegah penyerapan kolesterol.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com