Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut SMMPTN Barat 2023? Peserta Persiapkan 3 Hal Ini

Kompas.com - 04/07/2023, 07:25 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 5.450 persen akan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN Barat) 2023.

Hal itu disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau (Unri), Dr. Mexsasai Indra dalam keterangannya mengutip laman Unri, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Dosen UM Surabaya Beri 5 Tips Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging

"Unri telah meyiapkan sebanyak 11 lokasi ujian yang tersebar di wilayah kampus Universitas Riau. Karenanya, kepada para peserta ujian diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian UTBK SMMPTN Barat 2023 ini," kata dia.

Kepada peserta ujian, kata dia, diharapkan mempersiapkan perlengkapan yang perlu dibawa pada saat UTBK SMMPTN Barat 2023.

Pertama, kartu tanda peserta UTBK SMMPTN Barat 2023. Kedua, fotokopi ijazah yang berlegalisir atau surat keterangan kelas 12 asli yang telah ditandatangani kepala sekolah dan tercantum nama, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto tiga bulan terakhir.

Ketiga, identitas diri seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar.

Dia mengaku, terkait dengan penyediaan sarana dan pra-sarana untuk pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat, Unri telah menyiapkan lokasi pelaksanaan ujian, di antaranya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unri, Fakultas Pertanian (FP) Unri, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Unri.

Kemudian ada UPT Bahasa Unri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unri, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Unri, dan Fakultas Teknik (FT) Unri.

Lalu ada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unri, UPT TIK Unri, Fakultas Keperawatan (FKp) Unri, dan Fakultas Kedokteran (FK) Unri.

Dia menegaskan, untuk mengantisipasi keterlambatan peserta pada saat menuju lokasi ujian yang telah ditentukan, panitia mengimbau kepada agar peserta agar mengecek lebih dulu lokasi ujian, minimal sehari sebelum pelaksanaan ujian.

"Di kartu tanda peserta UTBK-SMMPTN Barat tertulis dengan tanda merah imbauan untuk mengecek lokasi dan hadir lebih awal di lokasi ujian. Semua itu agar peserta bisa mengetahuinya dan bisa mengantisipasi keterlambatan dan salah lokasi," ungkap dia.

Baca juga: Kuliah Bersusah Payah, tetapi Mahasiswa UB Ini Lulus dengan IPK 3,94

Dia mengingatkan, pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat 2023 pada sesi petama dilaksanakan pukul 07.45 - 11.30 WIB. Sesi kedua dimulai pada pukul 13.15 - 17.00 WIB.

Unri merupakan bagian dari satu unsur di antara beberapa Pusat Pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat. Setidaknya ada 25 PTN yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

"Pelaksanaan ujian SMMPTN Barat tahun 2023 ini telah diagendakan dari tanggal 3-14 Juli 2023 dan dengan frekuensi ujian sebanyak dua sesi setiap harinya, menyesuaikan teknis di PTN yang tergabung di dalamnya," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com