Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menuju PTN-BH, UIN Jakarta Gali Pengalaman IPB

Kompas.com - 04/07/2023, 07:05 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - IPB University mendapatkan kunjungan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kunjungan tersebut dalam rangka benchmarking berkaitan proses perubahan status UIN Jakarta menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Baca juga: 4 Jurusan Kuliah Ini Punya Peluang Kerja Tinggi di Luar Negeri

Acara benchmarking dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dilaksanakan di IPB International Convention Center, Bogor belum lama ini.

"Selamat datang di IPB University kepada jajaran pimpinan UIN Jakarta yang terdiri dari rektor, wakil rektor, dekan, direktur rumah sakit dan kepala biro. Yang kita harapkan adalah kita sama sama memperkuat dalam kerangka kolaborasi global," ujar Rektor IPB University, Prof. Arif Satria dalam keterangannya dikutip dari laman IPB, Senin (3/7/2023).

Ia mengatakan, IPB University saat ini telah menjalin 50 konsorsium riset internasional.

Menurut Prof Arif, kerja sama dengan UIN Jakarta merupakan kesempatan luar biasa bagi IPB University, termasuk kaitannya dalam menjalin kerja sama pendidikan dengan universitas di Timur Tengah.

Rektor pun menyebut, dalam waktu dekat ia akan berkunjung ke beberapa universitas di Timur Tengah, termasuk di antaranya dengan Universitas Islam Madinah.

Kaitan dengan benchmarking UIN, Prof. Arif menuturkan bahwa bidang keuangan merupakan perubahan paling dominan dalam perubahan status IPB University menjadi PTN-BH.

"Hampir seluruhnya ada di bagian reformasi keuangan," sebut dia.

Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar menyampaikan terima kasih kepada jajaran pimpinan IPB University. 

"Kami datang dalam rangka ingin belajar, bertukar pikiran. IPB University memiliki banyak pengalaman dalam proses menuju status menjadi PTN-BH. Bagaimana proses kemandirian IPB University menuju PTN-BH hingga seperti sekarang ini," ungkap dia.

Baca juga: Kuliah Bersusah Payah, tetapi Mahasiswa UB Ini Lulus dengan IPK 3,94

Tidak hanya itu, dia juga ingin menggali informasi bagaimana perubahan yang terjadi dengan sistem, anggaran, dan bagaimana merespon reaksi yang muncul dari mahasiswa ketika perubahan status menjadi PTN-BH terjadi.

Prof. Arif memberikan tanggapan Prof. Asep. Menurut dia, IPB University banyak bekerja sama dengan pihak lain, seperti alumni dan swasta untuk pembiayaan mahasiswa yang mengalami perubahan karena status PTN-BH.

"Mahasiswa yang tidak mampu, kami cari solusi melalui berbagai pihak tersebut dengan memberikan beasiswa," jelas dia.

Wakil Rektor IPB University bidang Konektivitas Global, Kerja Sama dan Alumni IPB, Prof. Iskandar Z Siregar menambahkan, alternatif pendanaan selain dari aset bisa juga dilakukan melalui kerja sama nasional maupun funding dana internasional dalam bentuk hibah grand dan loan.

Baca juga: UIN Jakarta Bakal Jadi PTKN Badan Hukum pada 2024

Diskusi benchmarking UIN Jakarta terkait proses perubahan status PTN-BH turut mencakup bidang pendidikan akademik, kerja sama nasional dan internasional, keuangan, perencanaan, bisnis, hukum hingga skema remunerasi sumber daya manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com