Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatihan dari Dosen Unimed: Peternak Harus Paham Nutrisi Pakan Alami

Kompas.com - 14/06/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Jika cuara tak baik, banyak peternak yang mengalami kesulitan dalam mencari pakan ternak alami seperti rumput.

Seperti halnya bagi peternak kambing yang terkendala jika musim penghujan atau kemarau. Sebab, ketersediaan rumput sangat sedikit.

Terkait hal itu, para dosen dari Universitas Negeri Medan (Unimed) mengadakan pengabdian masyarakat. Yakni memberikan pelatihan pada para peternak kambing.

Melansir laman Unimed, Selasa (13/6/2023), pelaksanaan pengabdian ini di Ketuai oleh Hendro Pranoto, S.Pd., M.Si., dengan anggota Dr. Idramsa, M.Si., Dra. Uswatun Hasanah, M.Si., dan Dr. Erlintan Sinaga., M.Si.

Baca juga: Terapkan Iptek, Dosen Unimed Olah Limbah Perikanan Jadi Pakan Ternak

Adapun kegiatan dilaksanakan di Desa Sambirejo Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat dengan Mitra Kelompok Tani Maju Dusun II-A Setia Utama dan Mitra Kelompok Tani Dewi Sri Dusun IV-A.

Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat, Hendro Pranoto mengatakan, target khusus yang ingin dicapai dari kegiatan adalah masyarakat petani yang memelihara kambing dalam Kelompok Tani Maju agar memiliki pengetahuan tentang pakan kambing.

Selain itu juga paham kandungan nutrisi yang ada pada pakan, manfaat pakan bagi pertumbuhan ternak kambing serta ketrampilan membuat pakan kambing komplit silase dari limbah pertanian dengan kualitas yang baik.

Tak hanya itu saja, tujuan lain dari kegiatan itu ialah agar sumber daya manusia di daerah itu kualitasnya semakin baik.

Untuk pelatihannya ini menggunakan metode praktek langsung dengan tahap, memberikan pengetahuan tentang pakan kambing, bahan dan alat yang diperlukan serta prosedur pembuatannya.

Baca juga: Peneliti UMS Inovasi Dua Bahan Ini untuk Selamatkan Lingkungan

Pada kesempatan itu pula turut diserahkan seperangkat mesin pencacah rumput yang diterima oleh Ketua Kelompok Tani Maju Setia Utama dan Kelompok Tani Dewi Sri. Mesin pencacah ini berfungsi untuk mencacah rumput sebagai bahan baku pembuatan pakan.

Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat oleh Dosen Unimed merupakan wujud komitmen dalam melaksanakan salah satu tanggung jawab Tri Darma Perguruan Tinggi melalui pendampingan pelatihan pembuatan pakan kambing komplit silase memanfaatkan limbah pertanian.

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan analisis situasi dilapangan bahwa masyarakat di lokasi sasaran mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pakan ternak khususnya kambing karena cuaca yang ekstrim.

Curah hujan yang tinggi menjadi kendala untuk memperoleh pakan alami, begitu pula jika terjadi kemarau maka jumlah pakan alami yang tersedia sangat terbatas.

Pembuatan pakan komplit silase merupakan salah satu alternatif solusi karena pakan yang diproses secara fermentasi dapat disimpan dalam waktu yang panjang dan meningkatkan nilai nutrisi pakan.

Hendro juga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan agar peternak kambing memiliki pengetahuan kandungan nutrisi pakan alami khususnya yang berasal dari produk limbah pertanian.

Tentu peternak juga dapat memiliki keterampilan membuat pakan kambing komplit silase.

Baca juga: Dosen UMM Inovasi Pakan Koi, Harga Jadi Terjangkau

Pembuatan pakan dengan metode ini diharapkan dapat meningkatkan nilai nutrisi pakan serta mengatasi kesulitan dalam perolehan pakan.

Sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produkivitas ternak dan tentunya memberikan keuntungan kepada peternak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com