Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Uhamka, Sandiaga Uno Ungkap Pariwisata Jadi Lokomotif Pembangunan

Kompas.com - 13/06/2023, 18:08 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uhamka mengadakan Kuliah Wawasan Komunikasi Internasional dengan tema "Membangun Branding Wonderful Indonesia Dalam Mempromosikan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Dunia Internasional" di Aula Kampus Uhamka, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Acara ini dihadiri oleh Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Baca juga: Mendikbud Nadiem Kasih Beasiswa untuk Putri Ariani ke Kampus Impiannya

Menurut Sandiaga, pariwisata merupakan lokomotif pembangunan, yang dapat membangun lapangan kerja, menggerakan ekonomi kreatif, dan sebagai penghasil devisa kedua setelah minyak.

Brand wonderful Indonesia sebagai branding yang menunjukkan keunikan dan keunggulan Indonesia.

"Untuk itu, dalam mempromosikan branding Indonesia dengan gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama) bersama gaspol. Dalam hal dibutuhkan inovasi, adaptasi dan kolaborasi," kata dia dalam keterangannya.

Dia mengaku, Indonesia memiliki potensi wisata yang luar biasa, baik dari segi panorama alam maupun budaya.

Wonderful Indonesia merupakan salah satu branding pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menarik pengunjung atau wisatawan mancanegara datang ke Indonesia.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi salah satu industri yang menyumbangkan devisa terbesar untuk negara," jelas dia.

Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro menyebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat hebat dalam pariwisata, dari panorama alam sampai produk kreatif seperti batik dan kuliner.

Dalam perkembangan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, kata dia, sangat bergantung pada kondisi fisik yang ada seperti di darat, laut, dan udara. Pariwisata dan ekonomi kreatif sangat bergantung pada lingkungan yang asli dan alami.

Baca juga: Masalah di UNM Makassar, Kemendikbud: Kami Tindak Penjahat Narkoba di Kampus

Jika ingin dikembangkan secara berkelanjutan, pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menjadi kekuatan positif bagi kehidupan dalam membangun pereknomian nasional.

"Tetapi jika sebuah perencanaan, pengembangan dan pengoperasioan tidak bisa mengatur secara pantasnya, maka ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi rusak," ungkap dia.

Dekan FISIP Uhamka, Tellys Corliana mengungkapkan membangun branding wonderful indonesia merupakan satu hal yg harus kita lakukan untuk membawa Indonesia ke dunia internasional.

Di era digital sekarang ini membranding Indonesia ke dunia internasional bisa dengan menggunakan media sosial dengan mempublikasikan keunikan dan keunggulan ragam budaya dan pesona alam Indonesia.

Kuliah wawasan yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Uhamka dimoderatori oleh Farida Hariyati selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi Uhamka.

Selain itu hadir Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri Hartyo Harkomoyo, Dosen Fisip Uhamka Novi Andayani Praptiningsih, dan Direktur Utama Buttonscarves Lindia Anggreaningsih.

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

Acara ini bertujuan untuk membangun kapasitas daya dukung dan implikasi branding Wonderful Indonesia dalam dunia pariwisata dan ekonomi kreatif, pemanfaatan branding yang efektif dan efisien dalam industry pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia, serta pentingnya memahami konsep branding dalam membangun pariwisata dan ekonomi kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com