Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati 110 Tahun, Arsip Driyarkara Dipamerkan di Perpustakaan USD

Kompas.com - 13/06/2023, 16:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Guna memperingati 110 Tahun N. Driyarkara SJ, Perpustakaan Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta mengadakan Pameran Arsip tentang Driyarkara di Lobby Perpustakaan Pusat USD Kampus II, 13-19 Juni 2023.

Menurut Kepala Perpustakaan USD, Drs. Paulus Suparmo, M.Hum., arsip yang dipamerkan selama seminggu itu berupa arsip foto, arsip tekstual, karya-karya, dan arsip audio visual.

Tak hanya itu saja, tujuan dari pameran tersebut bahwa bahwa mempelajari arsip tentang Driyarkara bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda.

Baca juga: Di Thailand, 2 Mahasiswa USD Turut Kembangkan Robot bagi Penyandang Autisme

"Pameran ini bisa menjadi inspirasi dan memperkenalkan kembali Romo Driyarkara sebagai pendiri Universitas Sanata Dharma," ujarnya dalam keterangan tertulsinya, Selasa (13/6/2023).

Direktur Program Pascasarjana USD F.X. Mukarto, Ph.D., mengaku senang karena pameran ini bisa terselenggara.

Tentu ia merasa senang karena pameran ini akhirnya dapat terlaksana dengan didukung oleh Perpustakaan Universitas Sanata Dharma.

"Kita perlu melihat kembali karya-karya beliau, harapannya apabila dimungkinkan karya-karya Romo Driyarkara dapat digitalisasi agar dapat dibaca banyak orang dan dapat dibaca di mana-mana," harap dia.

Sementara Rektor Universitas Sanata Dharma, Pater Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D., dalam sambutannya mengapresiasi inisiatif dari unit-unit di USD.

Sebab, dari kegiatan ini bisa tetap mengaktualisasikan pemikiran dan hidup Driyarkara, pendiri Sanata Dharma.

"Terima kasih kepada Program Pascasarjana, Perpustakaan, dan Bookstore yang sudah bekerjasama untuk menyelenggarakan pameran ini," tutur Rektor USD.

Baca juga: USD Turut Jalankan Program Praktisi Mengajar Angkatan 2

"Rm. Driyarkara adalah akar dari Sanata Dharma yang saat ini sudah berusia 68 tahun dan akan terus berjalan puluhan bahkan ratusan tahun ke depan," ungkap Romo Bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com