Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UM Surabaya: Ini 4 Minuman yang Bisa Buat Berat Badan Naik

Kompas.com - 10/06/2023, 19:30 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Firman menyatakan, air minuman memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satunya, air bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh yang akhirnya bisa melarutkan nutrisi dari makanan yang manusia konsumsi.

Baca juga: Suka Makan Pecel Lele dan Ayam? Ini Bahayanya Menurut Dosen FK UMM

Tak lupa, air juga berperan untuk menjaga keseimbangan asam basah yang sangat penting bagi tubuh.

"Selain itu air sangat penting untuk menjaga konsentrasi dan fungsi otak secara optimal. Sebab ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh, bisa menyebabkan penurunan konsentrasi dan kelelahan. Untuk itu minum air mineral yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh kita," kata dia dalam keterangannya, Sabtu (10/6/2023).

Sementara itu akibat rendahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya air mineral bagi tubuh, kebanyakan masyarakat justru lebih meminati minuman yang kurang sehat, salah satunya bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan.

Adapun alasannya, yakni air mineral memiliki rasa yang tawar.

Firman menyebut ada beberapa minuman yang menyebabkan kenaikan berat badan berlebih.

Pertama, jus buah yang ditambahi gula. Sebab gula menjadi salah satu penyumbang kalori yang sangat tinggi.

"Sehingga bila terlalu sering mengonsumsi tanpa disertai dengan aktivitas fisik dan olahraga yang cukup bisa menyebabkan kenaikan berat badan berlebih," ucap dia.

Kedua, minuman bersoda. Karena, minuman soda mengandung jumlah gula yang tinggi dan biasanya tidak memberikan rasa kenyang.

Akibatnya intensitas makan juga akan meningkat, sehingga konsumsi minuman bersoda secara rutin dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca juga: Kemendikbud: Ini Sebaran Wilayah 23 Kampus yang Ditutup

Ketiga adalah konsumsi minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman keras lainnya.

"Minuman kategori ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan atau secara rutin, karena alkohol memiliki kandungan kalori yang tinggi dan sering kali diabaikan dalam perhitungan kalori harian," jelas dia.

Keempat, minuman kopi yang mengandung banyak krim, gula, dan tambahan kalori lainnya.

Sebab hal ini dapat menimbulkan penimbunan kalori secara berlebihan yang juga dapat mengganggu keseimbangan gula darah, bahkan tidak hanya terjadi kenaikan berat badan namun juga meningkatkan risiko penyakit diabetes atau kencing manis.

Maka dari itu, menjaga berat badan yang ideal sangat penting, sebaiknya membatasi konsumsi minuman-minuman yang mengandung kalori tinggi dan gula tambahan.

Baca juga: 23 PTS Ditutup, Kemendikbud Ingatkan Jangan Salah Pilih Kampus

"Minuman air putih biasa atau air mineral, teh herbal tanpa gula tambahan, atau air lemon dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk menghindari peningkatan berat badan yang cepat," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com