Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mencari Judul Skripsi yang Menarik, Cek Sekarang

Kompas.com - 24/10/2022, 12:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa S1 semester akhir tentu harus menyelesaikan tugas akhir atau skripsi untuk meraih gelar sarjana.

Meski demikian, ada yang masih bingung dalam menentukan judul skripsi. Karena itu mahasiswa harus paham cara mencari judul skripsi yang menarik.

Tak hanya menarik, tetapi skripsi yang ditulis harus memberikan manfaat bagi khalayak umum. Dan tentunya harus disesuikan dengan kemampuan setiap mahasiswa.

Jika masih bingung dalam mencari judul skripsi, berikut ini dibagikan cara mencari judul skripsi. Informasi dilansir dari laman Binus University.

Baca juga: Ini Cerita Mahasiswa Unnes, Pulang Sidang Skripsi Meninggal

Cara mencari judul skripsi

1. Judul harus disesuaikan dengan minat

Untuk cara pertama ialah kamu harus menyesuaikan dengan minat. Jadi, apa minatmu kamu harus paham. Ini sangat penting, karena dapat mendorong kamu untuk tetap semangat dalam menyelesaikannya.

Kamu bisa menghabiskan beberapa waktu untuk mengetahui minat akademik yang dimiliki. Cari tahu mata kuliah yang bisa kamu ikuti dengan nyaman dan berhasil memperoleh nilai bagus.

Pastikan kalau kamu tidak akan merasa terbebani ketika mengikuti sesi perkuliahan tersebut.

2. Cari referensi di perpustakaan

Kamu harus meluangkan waktu untuk ke perpustakaan dan membaca skripsi terdahulu atau dari kakak tingkat.

Jadi, tidak menutup kemungkinan kamu bakal memperoleh inspirasi judul skripsi menarik. Selain itu, kamu bisa pula memilih untuk mengembangkan skripsi dari judul yang sudah ada.

Baca juga: 5 Tips Sukses Skripsi ala Warek Unnes

3. Judul penelitian lama dikembangkan

Adapun cara mencari judul skripsi lainnya ialah dengan mengembangkan judul dari penelitian lama. Sempatkan waktu untuk membaca jurnal lama, baik jurnal dalam negeri atau luar negeri.

Kesempatan tersebut bukan kamu pakai untuk melakukan plagiasi, tetapi sarana untuk mengembangkan penelitian sehingga menjadi judul skripsi baru yang menarik.

4. Cari referensi dari media cetak ilmiah

Kamu bisa membaca situs berita tepercaya atau media cetak ilmiah. Nantinya akan memperoleh banyak wawasan dari aktivitas membaca dari berbagai referensi tersebut.

Tidak menutup kemungkinan, kamu akan mendapatkan problem atau isu terkini yang perlu diselesaikan dan menjadikannya sebagai judul skripsi.

5. Mengamati lingkungan sekitar

Selain itu, kamu bisa pula mengamati lingkungan sekitar. Aktivitas pengamatan bisa kamu lakukan untuk mengetahui isu atau problem terkini yang tengah dihadapi oleh masyarakat.

Selanjutnya, kamu bisa menghadirkan solusi sesuai dengan keahlian yang kamu dimiliki. Jadi, diharapkan skripsi kamu bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Ikut Kejuaraan Pencak Silat, 2 Mahasiswa IST Akprind Raih Medali Perunggu

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com