Kompas.com - 08/05/2022, 15:24 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa S1, skripsi adalah kewajiban yang harus dituntaskan. Tetapi, terkadang masih menjadi momok tersendiri bagi mahasiswa.

Lantas, bagaimana caranya agar mahasiswa semangat dalam mengerjakan skripsi? Apa yang harus dilakukan?

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Negeri Semarang (Unnes), Dr. Hendi Pratama, M.A., memberikan tipsnya.

Baca juga: Wisudawan UNY Ini Lulus Sarjana Tanpa Skripsi, Simak Ceritanya

Menurutnya, dosen sendiri bisa membantu mahasiswa untuk bisa mengerjakan skripsi dengan cepat. Sehingga akan menciptakan sebuah kolaborasi yang proaktif antara dosen dengan mahasiswa.

"Padahal orang Inggris bilang, it takes two to tango (berdansa harus dua orang). Begitu pula skripsi," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Dikti, 7 Juli 2021.

Dia mengatakan bahwa skripsi harusnya menjadi ruang kolaborasi, antara dosen dan mahasiswa sama-sama proaktif.

Tips sukses skripsi

Ini 5 tips sukses mengerjakan skripsi di masa pandemi:

1. Pahami, skripsi adalah miniatur kehidupan

Mengalami sebuah kesulitan merupakan suatu hal yang wajar. Melalui skripsi inilah, mahasiswa bisa belajar tentang makna sebuah kehidupan tersebut. Jadi kesulitan dan tantangan yang dialami mahasiswa saat skripsi itu nantinya juga akan dialami di kehidupan.

Misalnya saja ketika mahasiswa mendapat dosen pembimbing galak, maka bisa jadi waktu bekerja nanti kamu juga akan dapat atasan galak.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.