Kompas.com - 08/05/2022, 14:35 WIB
|

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan kini tak gampang. Semua membutuhkan perjuangan agar mendapatkan apa yang dicita-citakan. Apalagi punya perusahaan sendiri.

Tapi, hal itu bisa diraih oleh Muhammad Iksan, alumnus SMKN 4 Madiun, Kota Madiun, Jawa Timur yang mendirikan perusahaan animasi.

Bahkan kini perusahaannya yang bernama 3 Segment itu mampu menjamah pangsa pasar internasional atau sudah merambah global.

Baca juga: Lulusan SMA/SMK, Ini Tips Cari Kerja agar Cepat Dapat Pekerjaan

"Jadi, sejak masuk SMK memang saya sudah ingin mempelajari animasi dengan melihat tren visual," ujar Iksan dikutip dari laman Direktorat Pendidikan Jenderal Vokasi Kemendikbud Ristek, Senin (2/5/2022).

Berawal ketertarikan dunia animasi

Dikatakan, dirinya memiliki ketertarikan dalam dunia animasi. Terbukti, keseriusannya dalam mengulik hal-hal yang berkaitan dengan animasi membuatnya berani mendirikan perusahaan animasi bersama kakaknya di Kota Madiun.

Hal itu ia buktikan bahwa baru berusia 2 tahun, 3 Segment bahkan sudah dapat menembus pasar global.

Tentu semua berkat kerja keras dan mengimplementasi pemasaran secara digital, 3 Segment berhasil menarik klien dari Negeri Samba, Brazil.

"Kami terus ekspansi ke market-market digital di luar sana, seperti Canva. Klien kami bahkan sudah ada yang dari luar negeri, Fiver dari Brazil, berupa social media management," jelas Iksan.

Baca juga: HRD: Apa Kekurangan Diri Anda? Ini 7 Contoh Jawabannya

Tetapi, Iksan mengaku sebelum mendirikan perusahaan animasi tersebut dirinya pernah bekerja lepas di sebuah studio animasi dengan membuat iklan animasi 2D maupun 3D.

Namun tidak puas sampai di situ, Iksan terus mengasah kompetensinya untuk dapat terus berkarya dan berkarier di bidang industri animasi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.