Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2022, 12:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tim mahasiswa Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada (SV UGM) membuat inovasi kreasi seni menggulung kertas atau quilling paper.

Seni ini sudah dikenal di Eropa sejak abad ke-17 dan menjadi salah satu kerajinan tangan yang banyak digemari oleh para putri raja.

Karena itu, tim ini memanfaatkan limbah kertas dan karton yang berlimpah di masyarakat dengan dijadikan suatu kreasi unik dan menarik.

Baca juga: Mahasiswa Polinema Inovasi Alat Pencegah Rem Blong

Yakni dengan seni kerajinan tangan ini untuk menjadikannya produk suvenir dan produk hampers yang bernilai seni tinggi dan bernilai jual.

Adapun karya yang diberi nama "Dluwang Endah" ini diinisiasi oleh tim Dluwang Endah dari SV UGM. Tim Dluwang Endah ini terdiri atas:

1. Aisyah Yustikaningtyas Harnadi

2. Kayoselba Kustanto

3. Fidya Sekar Kinanti

4. Aveenda Zhafira Yasmin

5. Praditya Hanung Pratama

Baca juga: Siswa SMK Inovasi Sepeda Motor Berbahan Bakar Elpiji

Ide mereka digagas dari banyaknya limbah kertas atau karton di Indonesia, yakni hampir 12,2 persen dari total keseluruhan sampah yang dihasilkan oleh masyarakat.

"Prinsip kami pada dasarnya adalah mengolah limbah kertas dengan konsep recycle atau mengolah kembali limbah (daur ulang) menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat, yaitu kerajinan quilling paper," ujar Aisyah Yustikaningtyas dikutip dari laman SV UGM.

Menurutnya, Dluwang Endah merupakan produk yang ramah lingkungan karena memanfaatkan barang bekas yang diolah menjadi barang baru.

Dluwang Endah juga mampu memberikan solusi bagi pemanfaatan limbah kertas dan karton di masyarakat yang kerap dibuang begitu saja, tanpa dimanfaatkan terlebih dahulu.

Kini, Dluwang Endah memiliki 2 produk utama, yakni suvenir dan hampers. Untuk suvenir dijual dengan harga Rp 20 ribu, yang terdiri atas gantungan kunci, bros/pin, dan anting-anting.

Baca juga: Mahasiswa UGM Inovasi Tongkat Pintar bagi Tunanetra dan Lansia

Sedang Hampers Dluwang Endah dijual seharga Rp 100 ribu, yang berisikan hiasan dinding kreasi quilling paper sebagai dekorasi pemanis ruangan dan juga terdapat bonus suvenir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com