Kompas.com - 25/09/2022, 12:07 WIB
|

KOMPAS.com - Menyiapkan rencana semasa kuliah wajib dilakukan mahasiswa. Dengan menyiapkan rencana semasa kuliah dari semester ke semester, diharapkan mahasiswa bisa lulus tepat waktu.

Dengan menyusun rencana semasa kuliah, kamu juga akan terbiasa disiplin dan fokus dengan rencana yang sudah dibuat.

Lantas rencana semasa kuliah seperti apa yang perlu dibuat mahasiswa? Melansir dari laman Rencanamu, ada beberapa langkah yang bisa dibuat mahasiswa dalam membuat rencana semasa kuliah.

Di semester pertama perkuliahan, tentu kamu masih beradaptasi dengan lingkungan dan suasana yang jauh berbeda saat berada di bangku sekolah.

Baca juga: 6 Manfaat Anak Masuk PAUD, Orangtua Wajib Tahu

Menyusun rencana semasa kuliah

Namun mahasiswa harus cepat beradaptasi termasuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran dari para dosen.

Selanjutnya, rencana semasa kuliah di semester-semester berikutnya juga perlu dilakukan. Yaitu dengan beberapa cara berikut ini:

1. Review jadwal dan kegiatan semester lalu

Setelah berhasil melalui semester pertama, di semester berikutnya mahasiswa sudah bisa merasakan ritme perkuliahannya.

Sehingga di semester depan sudah bisa membagi waktu dengan lebih baik. Termasuk memilah kegiatan atau aktivitas yang penting untuk dilanjutkan, masih bisa dikompromi atau justru harus ditinggalkan karena perjuangan yang telah dilakukan lebih besar daripada nilai positif yang diperoleh.

Baca juga: 8 Profesi dan Jurusan Kuliah yang Bisa Jalan-jalan Sambil Dapat Cuan

2. Selesaikan 'hutang' jika ada

Setelah mengevaluasi kegiatan perkuliahan di semester sebelumnya, mahasiswa bisa membayar kegiatan yang belum terlaksana sesuai target.

Misalnya tugas di unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang diikuti atau rencana ikut kursus dan les di luar kampus yang belum terlaksana. Segera selesaikan semua "hutang" agar tidak menumpuk di semester berikutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.