Kompas.com - 25/09/2022, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Menjalani kehidupan tentu tidak selalu berjalan mulus seperti harapan. Ada kalanya mahasiswa, fresh graduate, siapapun yang menghadapi beragam masalah perlu skill untuk mengatasinya.

Jika tidak memiliki skill atau kemampuan diri, akan ada masalah pun hanya membuat diri berputus asa.

Dibutuhkan keterampilan hidup (life skill) yang bisa menolong mengatasi berbagai persoalan dalam hidup, khususnya saat mahasiswa, pelajar benar-benar buntu menghadapi masalah. 

Baca juga: 2 Program Beasiswa ke Cambridge, Mulai Jenjang S1, S2 dan S3

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 10 life skills demi menjaga kesehatan mental. Dilansir dari laman Sekolah Stella Maris, berikut rinciannya.

1. Pemecahan masalah (problem solving)

Memecahkan masalah, artinya memahami apa itu masalah, awal mula masalah muncul, faktor-faktor yang memperburuk masalah, solusi yang tepat, dan bagaimana memilih solusi yang terbaik.

2. Pengambilan keputusan (decision making)

Sebelum mengambil keputusan, Anda harus membuat daftar pro dan kontra, kerugian dan keuntungan, risiko yang terlibat. Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan orang yang tepat.

3. Berpikir kreatif (creative thinking)

Seseorang harus inovatif dan kreatif, mengeksplorasi ide dan metode baru. Dengan begini, saat ada masalah muncul pun akan selalu ada ide segar untuk mengatasinya.

Baca juga: Beasiswa Bank Syariah Indonesia bagi Mahasiswa S1, Beri Biaya Kuliah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.