Kompas.com - 17/09/2022, 10:17 WIB
|

KOMPAS.com - Perkembangan teknologi saat ini semakin maju. Bahkan, para mahasiswa juga dapat membuat inovasi yang bermanfaat bagi siapa saja.

Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengembangkan inovasi tongkat pintar yang banyak fungsinya.

Adapun tongkat pintar itu bisa untuk deteksi kesehatan dan proteksi bagi lansia dan penyandang tunanetra.

Tongkat yang dinamai In-SWALST (IoT Based Smart Walking Stick for Real Time Health Monitoring) ini dikembangkan oleh beberapa mahasiswa UGM.

Baca juga: Mikroalga Dikembangkan Mahasiswa UGM Jadi Minyak Goreng

Seperti Kristian Bima Aryayudha (Elektronika dan Instrumentasi), Kenniskiu Fortino Kurniawan (Ilmu Komputer), Abdul Adzim Iftikar Mardiansjah (Teknik Mesin), Johana Gracia (Kedokteran).

Serta Yovanti Trifa Mivea (Elektronika dan Instrumentasi), Elmara Nugra Ristia (Kehutanan), Fatma Tiara Mahfudiani (Kehutanan), dan Adnindya Jeehan Azzara (Kehutanan).

Dilengkapi banyak fitur penting

Menurut salah satu anggota tim, Arya, ide awal pengembangan tongkat pintar itu karena dari keinginan tim untuk menciptakan suatu alat sederhana dengan banyak fungsi yang menguntungkan bagi penggunanya, yakni lansia dan tunanetra.

Tentunya, In-SWALST ini dikembangkan dengan sejumlah fitur penting. Seperti sensor pendeteksi kesehatan berupa saturasi oksigen, detak jantung, dan suhu tubuh yang terhubung langsung ke website In-SWALST secara real-time.

"Melalui tongkat ini, monitoring kesehatan dapat dilakukan dengan sangat mudah dan praktis," ujarnya dikutip dari laman UGM, Jumat (16/9/2022).

Untuk kelebihan lain dari tongkat jalan ini ialah fungsi proteksi pada para lansia dan tunanetra. Tongkat In-SWALST akan bergetar saat terdapat objek di depan pengguna yang berjarak sekitar 75 cm.

Baca juga: Robot Inovasi Mahasiswa UGM Ini Mampu Deteksi Kekeroposan Pohon

Halaman:
Sumber UGM


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.